logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiKonflik Agraria Makin Luas
Iklan

Konflik Agraria Makin Luas

Konflik agraria tercatat kian parah. Hal itu menunjukkan akumulasi keberlarutan permasalahan maupun kemunculan konflik-konflik baru akibat pembangunan infrastruktur yang masif.

Oleh
ICHWAN SUSANTO
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/I88uuluQplTgvWp32f2mniDWNus=/1024x698/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F09%2F20190924Bah8_1569302036.jpg
Kompas

Mahasiswa dan Petani yang tergabung bersama Aliansi Tani Jawa Timur berunjukrasa memperingati Hari Tani Nasional di depan gedung DPRD Jawa Timur, Surabaya, Selasa (24/9/2019). Beberapa tuntutan mereka kepada pemerintah adalah agar menyelesaikan konflik agraria di Jawa Timur, menghentikan segala upaya dan proses kriminalisasi petani, tunda pembahasan dan pengesahan RUU Pertanahan.

JAKARTA, KOMPAS—Meski pemerintah saat ini memiliki kebijakan dan arah politik untuk menyelesaikan konflik agraria, kondisi di lapangan justru berkebalikan dari tujuan pemerintahan tersebut. Konflik agraria tercatat kian parah yang menunjukkan akumulasi keberlarutan permasalahan maupun kemunculan konflik-konflik baru akibat pembangunan infrastruktur yang masif.

Represi aparat pun menunjukkan peningkatan eskalasi yang ditunjukkan timbulnya sejumlah korban yang memperumit penyelesaian konflik agraria. Karena itu, pemerintah didesak agar serius menyelesaikan konflik-konflik tersebut di lapangan.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan