logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiInovasi atau Mati
Iklan

Inovasi atau Mati

Oleh
M Zaid Wahyudi
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/b8kAWZaaArRAEniK12LP2sNLKMk=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F10%2F480619_getattachment6b4c20d5-94d2-4d53-9658-dd0bb87ed459472004.jpg
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Suasana kunjungan masyarakat dalam Indonesia Science Expo di Balai Kartini, Jakarta, Senin (23/10). Kegiatan yang dimotori oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini menampilkan hasil-hasil riset peneliti, baik kementerian dan lembaga negara, perguruan tinggi dan LIPI, maupun industri.

Dalam dunia yang berubah cepat, keberlanjutan adalah kunci. Karena itu, inovasi tak bisa lagi menjadi pilihan, tetapi harus dilakukan. Meski demikian, iklim inovasi di Indonesia hingga kini belum terbangun baik sehingga daya saing Indonesia masih banyak tertinggal dibandingkan dengan negara-negara ekonomi maju.

Bagi industri, inovasi itu harus dilakukan agar mereka bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat. Inovasi harus menjadi budaya keseharian jika industri ingin menjadi pemenang, bukan sekadar bertahan hidup.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000