logo Kompas.id
HumanioraBermain Gim Video Aksi Dapat...

Bermain Gim Video Aksi Dapat Tingkatkan Keterampilan Membaca

Hasil penelitian menunjukkan bermain gim video aksi yang dikembangkan peneliti di University of Geneva dapat meningkatkan keterampilan membaca anak. Pelatihan juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan belajar anak.

Oleh
PRADIPTA PANDU
· 1 menit baca
Pengunjung menggunakan <i>headset virtual reality</i> dan pengendali untuk memainkan gim video Star Trek di konferensi pembuatan gim selama International Games Week di Berlin, Jerman, Rabu (26/4/2017).
kompas-photographer-name

Pengunjung menggunakan headset virtual reality dan pengendali untuk memainkan gim video Star Trek di konferensi pembuatan gim selama International Games Week di Berlin, Jerman, Rabu (26/4/2017).

GENEVA, RABU – Peneliti University of Geneva, Swiss, telah menguji penggunaan gim video aksi anak-anak yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca. Hasilnya, keterampilan membaca anak-anak mengalami peningkatan hanya dengan 12 jam pelatihan.

Hasil riset tentang peningkatan keterampilan membaca melalui gim video ini dipublikasikan di jurnal Nature Human Behaviour, 17 Januari 2022. Peneliti melakukan riset ini terhadap 150 anak sekolah di Italia berusia 8-12 tahun.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan