logo Kompas.id
HumanioraHujan Ekstrem pada Malam Pergantian Tahun Picu Banjir di Jabodetabek

Hujan Ekstrem pada Malam Pergantian Tahun Picu Banjir di Jabodetabek

BMKG memprediksi cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang masih akan terjadi di kawasan Jabodetabek hingga 4 Januari 2020.

Oleh
Fajar Ramadhan
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Petugas pemadam kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta mengevakuasi warga di Bendungan Hilir, Jakarta, yang terdampak banjir, Rabu (1/1/2020). Banjir melanda sejumlah titik di wilayah Jakarta dan Bekasi akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019) sore.

JAKARTA, KOMPAS — Sejumlah daerah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi atau Jabodetabek diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada malam pergantian tahun. Hal ini memicu muka air meninggi di sejumlah sungai sehingga terjadi banjir di permukiman warga Jabodetabek pada Rabu (1/1/2020) pagi.

Berdasarkan pengamatan dari pos pemantauan hujan milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan secara merata terjadi di wilayah Jabodetabek. Beberapa daerah bahkan mengalami hujan ekstrem dengan curah hujan di atas 100 milimeter (mm) per hari.

Editor:
hamzirwan
Bagikan