logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiPeningkatan Target Sulit Dilakukan

Peningkatan Target Sulit Dilakukan

Peningkatan target penurunan emisi sulit terwujud karena alotnya negosiasi dan beda kepentingan ekonomi politik negara maju dan berkembang. Padahal, target saat ini tak cukup menahan kenaikan suhu global.

Oleh Ahmad Arif
· 1 menit baca
Memuat data...

Suasana Paviliun Indonesia dalam UNFCCC-COP 25 saat diskusi terkait restorasi gambut sebagai bagian dari upaya menurunkan emisi karbon, di Madrid, Senin (9/12). Kompas/Ahmad Arif

MADRID, KOMPAS—Target penurunan emisi global yang disepakati dalam Perjanjian Paris 2015 secara saintifik diakui tak cukup untuk mencegah peningkatan suhu global kurang dari 1,5 derajat celsius. Namun, upaya meningkatkan target penurunan emisi bakal sulit terwujud karena alotnya negosiasi dan perbedaan kepentingan ekonomi politik antara negara maju dan berkembang.

"Pencapaian target nasional penurunan emisi (NDC/Nationally Determined Contributions) Indonesia masih sesuai jalur. Kita sudah punya rencana pembangunan rendah karbon yang telah dimasukkan dalam rencana pembangunan nasional dan daerah. Namun untuk meningkatkan target, masih harus dilihat lagi," kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, ditemui di sela-sela Konfrensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim (UNFCCC-COP 25) di Madrid, Spanyol, Senin (9/12/2019).

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..