logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiDana Abadi Penelitian Rp 1 Triliun

Dana Abadi Penelitian Rp 1 Triliun

JAKARTA KOMPAS Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2019 menyediakan dana abadi penelitian sebesar Rp 1 triliun Alokasi perdana ini diharapkan dapat menjadi pijakan dalam menggerakkan riset-riset selanjutnya di Indonesia yang masih jauh tertinggal Di sisi lain peningkatan kualitas hasil

Oleh ICHWAN SUSANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Pengunjung yang berasal dari warga sekitar mengamati fasilitas kolam pendingin reaktor serbaguna Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong GA SIWABESY milik Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), Tangerang Selatan, Banten, Selasa (25/9/2018). Pengenalan teknologi nuklir untuk keperluan riset ini dimaksudkan untuk memperluas pemahaman masyarakat mengenai manfaat nuklir sebagai energi bersih yang mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan lingkungan.

JAKARTA, KOMPAS – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2019 menyediakan dana abadi penelitian sebesar Rp 1 triliun. Alokasi perdana ini diharapkan dapat menjadi pijakan dalam menggerakkan riset-riset selanjutnya di Indonesia yang masih jauh tertinggal.

Di sisi lain, peningkatan kualitas hasil riset pun diupayakan ditingkatkan dengan menempatkan syarat minimal strata dua sebagai kualifikasi peneliti di lingkungan pemerintah. Kualifikasi ini berlaku bagi perekrutan baru maupun peneliti yang telah diangkat.

Editor:
Bagikan
Memuat data..