logo Kompas.id
HumanioraDigitalisasi Layanan Kesehatan...
Iklan

Digitalisasi Layanan Kesehatan Mempermudah Akses Masyarakat

Inovasi teknologi komunikasi jarak jauh berupa telepon untuk konsultasi medis, pengobatan, serta penyediaan sensor yang dapat mengukur metrik, seperti detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan kadar oksigen.

Oleh
NASRUN KATINGKA
· 4 menit baca
Acara peluncuran Klinik Cekatan, layanan kesehatan digital kolaborasi antara Halodoc dan Haleon melalui Panadol, di Jakarta, Senin (29/5/2023).
NASRUN KATINGKA

Acara peluncuran Klinik Cekatan, layanan kesehatan digital kolaborasi antara Halodoc dan Haleon melalui Panadol, di Jakarta, Senin (29/5/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Inovasi teknologi digital menjadi salah satu upaya menjangkau pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas. Persebaran penduduk Indonesia yang tersebar di daerah-daerah menjadi tantangan di tengah keterbatasan fasilitas kesehatan. Kolaborasi berbagai pihak mengembangkan teknologi bisa menjadi alternatif untuk mempermudah aksesibilitas layanan kesehatan lebih inklusif.

Staf Ahli Teknologi Kesehatan yang juga Chief Digital Transformation Officer Kementerian Kesehatan Setiaji mengungkapkan, layanan fasilitas kesehatan masih terbatas. Oleh karena itu, butuh dukungan banyak pihak. Keberadaan 10.290 puskesmas di Indonesia belum optimal mengakomodasi kebutuhan pelayanan kesehatan di hampir 100.000 jumlah desa di dalam negeri. Dengan demikian, inovasi dari berbagai pihak akan membantu pemerintah dalam menjangkau masyarakat.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000