logo Kompas.id
HumanioraPenggunaan Kecerdasan Buatan...
Iklan

Penggunaan Kecerdasan Buatan untuk Perangi Hoaks Perlu Perhatikan Etika

Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam memerangi hoaks perlu memperhatikan etika untuk memastikan hasil yang komprehensif.

Oleh
NASRUN KATINGKA
· 3 menit baca
William Kelley mencoba "Menemukan Bot" di kelas Donnie Piercey di Stonewall Elementary di Lexington, Ky., Senin, 6 Februari 2023. Siswa di kelas masing-masing merangkum teks tentang juara tinju dan ikon Kentucky, Muhammad Ali, kemudian mencoba cari tahu ringkasan mana yang ditulis oleh teman sekelas dan mana yang ditulis oleh <i>chatbot</i>. <i>Chatbot</i> adalah alat kecerdasan buatan baru ChatGPT, yang dapat menghasilkan semuanya, mulai dari esai hingga makalah, dalam hitungan detik.
AP/TIMOTHY D EASLEY

William Kelley mencoba "Menemukan Bot" di kelas Donnie Piercey di Stonewall Elementary di Lexington, Ky., Senin, 6 Februari 2023. Siswa di kelas masing-masing merangkum teks tentang juara tinju dan ikon Kentucky, Muhammad Ali, kemudian mencoba cari tahu ringkasan mana yang ditulis oleh teman sekelas dan mana yang ditulis oleh chatbot. Chatbot adalah alat kecerdasan buatan baru ChatGPT, yang dapat menghasilkan semuanya, mulai dari esai hingga makalah, dalam hitungan detik.

JAKARTA, KOMPAS — Teknologi kecerdasan buatan atau AI bisa menjadi alat penjernih fakta di tengah informasi yang kian tidak terkontrol pada berbagai platform digital. Namun, dalam pemanfaatan teknologi ini perlu memperhatikan etika dan akurasi agar terobosan tersebut tidak justru membuat informasi semakin kabur.

”Dalam kerja pengecekan informasi yang digunakan oleh media mainstream (arus utama) sangat butuh AI, apalagi dengan kompleksitas informasi yang beredar saat ini,” kata Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Indonesia Ika Ningtyas saat acara ”Cek Fakta dengan AI” dengan Binus International University di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan
Kantor Redaksi
Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan 26-28, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000