logo Kompas.id
HumanioraAsesmen Berkala untuk...
Iklan

Asesmen Berkala untuk Mengidentifikasi Kemampuan Literasi Siswa

Guru berperan penting mendongkrak literasi siswa. Diperlukan intervensi melalui pengajaran yang tidak sekadar belajar membaca, tetapi juga memahaminya baik secara literal maupun inferensial.

Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
· 4 menit baca
Siswa membaca buku-buku yang tersedia di motor perpustakaan keliling di SDN 02 Malakasari, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2019). Layanan perpustakaan keliling ini menjadi sarana yang dinanti para siswa untuk membaca buku-buku baru dan menambah pengetahuan.
KOMPAS/RIZA FATHONI

Siswa membaca buku-buku yang tersedia di motor perpustakaan keliling di SDN 02 Malakasari, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2019). Layanan perpustakaan keliling ini menjadi sarana yang dinanti para siswa untuk membaca buku-buku baru dan menambah pengetahuan.

JAKARTA, KOMPAS — Hasil Asesmen Nasional 2021 menunjukkan satu dari dua peserta didik di Indonesia belum mencapai standar kompetensi minimum literasi. Guru punya peran penting dalam mendongkrak literasi siswa sehingga didorong melakukan asesmen berkala untuk mengidentifikasi kemampuan siswa.

Dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Nunik Sugesti, mengatakan, kemampuan membaca bukan proses alami karena tidak terbentuk dengan sendirinya. Diperlukan intervensi melalui pengajaran untuk meningkatkan literasi siswa yang tidak sekadar membaca, tetapi juga memahami bacaan, baik secara literal maupun inferensial.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000