logo Kompas.id
Humaniora”Rem” Akurasi dalam Adu...
Iklan

”Rem” Akurasi dalam Adu Kecepatan Informasi

Di tengah arus informasi yang sangat cepat, tetapi belum teruji kebenarannya, media massa diharapkan tetap teguh menjaga keakuratan berita. Nafsu mengejar kecepatan pemberitaan justru berisiko mengorbankan akurasi.

Oleh
TATANG MULYANA SINAGA
· 4 menit baca
Telepon seluler yang saat ini tidak hanya sebatas alat komunikasi, tetapi juga sebagai sumber informasi dari berbagai media daring, Kamis (3/9/2020). Sebagian besar media cetak pun saat ini juga mulai berpindah menjadi media daring untuk mengikuti perkembangan zaman.
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Telepon seluler yang saat ini tidak hanya sebatas alat komunikasi, tetapi juga sebagai sumber informasi dari berbagai media daring, Kamis (3/9/2020). Sebagian besar media cetak pun saat ini juga mulai berpindah menjadi media daring untuk mengikuti perkembangan zaman.

Beradu kecepatan menyampaikan informasi menjadi panggung kompetisi media massa di era digital saat ini. Namun, sering kali ambisi ini justru menggadaikan akurasi. Keakuratan pemberitaan serta rambu-rambu kode etik semestinya tetap menjadi ”rem” di tengah godaan mengejar kecepatan.

Internet mengakselerasi arus informasi. Segmentasi media massa pun semakin kabur. Banyak media cetak, televisi, dan radio ikut meramaikan ruang digital untuk beradaptasi dalam mendistribusikan berita.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000