logo Kompas.id
HumanioraPembelajaran yang Menyenangkan...
Iklan

Pembelajaran yang Menyenangkan Dapat Membentuk Keterampilan Siswa

Metode STEAM merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan. Metode ini menggunakan prinsip saintifik komprehensif yang mengombinasikan aspek pembelajaran dan perkembangan sains.

Oleh
HIDAYAT SALAM
· 3 menit baca
Siswa SMP menguji coba robot-robot rakitan mereka sebelum lomba dimulai pada Kompetisi Regional Greenmech dan R4M (Robot for Mission) di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Sabtu (28/1/2023).
HIDAYAT SALAM

Siswa SMP menguji coba robot-robot rakitan mereka sebelum lomba dimulai pada Kompetisi Regional Greenmech dan R4M (Robot for Mission) di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

JAKARTA, KOMPAS — Minat siswa kepada pelajaran sains, teknologi, matematika, rekayasa, dan seni hendaknya ditumbuhkan sedini mungkin. Apalagi pelajaran tersebut dapat mendorong siswa menjadi lebih kreatif dan membangun kerja sama dalam menyelesaikan masalah dari sebuah bangunan mekanika.

Hal ini disampaikan Kepala Laboratorium Fisika Berkelanjutan Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Janto V Sulungbudi yang juga sebagai dewan juri pada Kompetisi Regional Greenmech dan R4M (Robot for Mission) di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Sabtu (28/1/2023). Menurut Janto, metode science, technology, engineering, art, dan mathematic atau disebut STEAM adalah metode pembelajaran yang menyenangkan.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000