logo Kompas.id
HumanioraRagam Interpretasi Dewi Durga ...
Iklan

Ragam Interpretasi Dewi Durga Pengaruhi Pementasan Calon Arang

Sosok Dewi Durga digambarkan secara beragam di berbagai kakawin atau puisi panjang Nusantara. Hal ini memengaruhi persepsi publik terhadap salah satu dewi dalam ajaran Hindu tersebut.

Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
· 3 menit baca
Pemunculan tokoh leak sebagai perwujudan ilmu hitam saat pementasan sendratari <i>Calon Arang</i> pada penutupan Festival Seni Sakral Keagamaan Hindu di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta di Solo, Jawa Tengah, pertengahan Juni 2010.
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

Pemunculan tokoh leak sebagai perwujudan ilmu hitam saat pementasan sendratari Calon Arang pada penutupan Festival Seni Sakral Keagamaan Hindu di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta di Solo, Jawa Tengah, pertengahan Juni 2010.

Secara garis besar, ada dua versi penggambaran Dewi Durga pada sejumlah kakawin atau puisi panjang Nusantara. Dewi dalam ajaran Hindu tersebut digambarkan sebagai sosok yang indah dan penolong, tetapi di versi lain digambarkan menyeramkan dan bersifat negatif. Perbedaan ini memengaruhi pemahaman masyarakat hingga kini, bahkan memengaruhi interpretasi seniman saat mementaskan kesenian Calon Arang.

Hal ini dipaparkan saat simposium ”Durga dalam Kakawin, Kidung dan Pertunjukan Tradisi” yang berlangsung secara daring, Sabtu (26/11/2022). Simposium ini bagian dari Borobudur Writers And Cultural Festival (BWCF) 2022 yang diadakan pada 24-27 November 2022.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan