logo Kompas.id
HumanioraPendidikan Inklusif Menjadi...
Iklan

Pendidikan Inklusif Menjadi Kebutuhan Daerah dan Penyandang Disabilitas

Pandemi Covid-19 berdampak signifikan pada sistem pendidikan di Indonesia, khususnya bagi penyandang disabilitas, warga daerah terpencil dan tertinggal. Penguatan kapasitas guru dan teknologi agar menjadi fokus utama.

Oleh
WILLY MEDI CHRISTIAN NABABAN
· 3 menit baca
Yulius Aprian Klau sedang menjelaskan materi pelajaran kepada siswa di SMA Negeri 1 Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (23/11/2022).
FRANSISKUS PATI HERIN

Yulius Aprian Klau sedang menjelaskan materi pelajaran kepada siswa di SMA Negeri 1 Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (23/11/2022).

JAKARTA, KOMPAS — Penguatan tenaga pendidik dan teknologi berperan penting untuk mewujudkan pendidikan yang inklusif di Indonesia. Hal ini khususnya bagi daerah terpencil dan tertinggal serta penyandang disabilitas yang masih terabaikan oleh sistem pendidikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) I Nyoman Rudi Kurniawan mengutarakan, masa pandemi Covid-19 berdampak signifikan pada sistem pendidikan di Indonesia.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000