logo Kompas.id
HumanioraPermudah Akses Kepesertaan...
Iklan

Permudah Akses Kepesertaan dengan Layanan Digital

Transformasi layanan kesehatan terus didorong untuk mempermudah dan memperluas akses pelayanan di masyarakat. Itu termasuk pada transformasi layanan pada program JKN-KIS.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 4 menit baca
Petugas membantu warga yang hendak mengurus keanggotaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Tangerang, Banten, Jumat (16/11/2018). BPJS Kesehatan mengembangkan aplikasi untuk memudahkan peserta mengetahui berbagai hal terkait JKN, termasuk mengubah data diri peserta. Di Tangerang, 60 persen dari total peserta JKN di Tangerang sudah menggunakan aplikasi ini.
KOMPAS/ WISNU WIDIANTORO

Petugas membantu warga yang hendak mengurus keanggotaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Tangerang, Banten, Jumat (16/11/2018). BPJS Kesehatan mengembangkan aplikasi untuk memudahkan peserta mengetahui berbagai hal terkait JKN, termasuk mengubah data diri peserta. Di Tangerang, 60 persen dari total peserta JKN di Tangerang sudah menggunakan aplikasi ini.

Sebagai pekerja lepas atau freelancer, jaminan kesehatan menjadi salah satu yang harus diupayakan secara mandiri oleh Marganingsih (29), warga Tangerang, Banten. Sebelumnya, ia terdaftar sebagai peserta segmen pekerja penerima upah saat masih bekerja di perusahaan. Namun, sejak memutuskan menjadi pekerja lepas, ia tidak lagi terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

”Akhirnya setelah setahun tidak memiliki jaminan kesehatan, saya memutuskan untuk daftar BPJS Kesehatan (program JKN-KIS) pada awal tahun ini. Awalnya saya kira prosesnya ribet ternyata mudah karena bisa lewat Whatsapp,” katanya saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan