logo Kompas.id
β€Ί
Humanioraβ€ΊStrategi Nasional Revitalisasi...

Strategi Nasional Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Disiapkan

Revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi menyasar SMK, perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi, serta lembaga pelatihan vokasi. Penguatan pendidikan vokasi diharapkan bisa mendukung kemajuan bangsa.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
Β· 1 menit baca
Suasana pameran inovasi bertajuk Vokasiland Road To Hakteknas 2022 di Grand City Mall Surabaya pada 28-31 Juli 2022. Acara yang digagas Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  ini menghadirkan karya-karya dari sejumlah SMK dan perguruan pendidikan tinggi vokasi.
KOMPAS/ESTER LINCE NAPITUPULU

Suasana pameran inovasi bertajuk Vokasiland Road To Hakteknas 2022 di Grand City Mall Surabaya pada 28-31 Juli 2022. Acara yang digagas Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini menghadirkan karya-karya dari sejumlah SMK dan perguruan pendidikan tinggi vokasi.

JAKARTA, KOMPAS β€” Revitalisasi pendidikan vokasi tak lagi hanya ditujukan bagi sekolah menengah kejuruan. Penguatan pendidikan vokasi akan dilakukan menyeluruh dari SMK, perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi, dan lembaga pelatihan vokasi.

Gerakan untuk memperkuat orkestrasi revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia ini merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Perpres ini merupakan perluasan dari Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan