logo Kompas.id
โ€บ
Humanioraโ€บKetua LTMPT: Upaya Kecurangan ...
Iklan

Ketua LTMPT: Upaya Kecurangan Ada, tetapi Tidak Ada Kebocoran Soal UTBK-SBMPTN 2022

Upaya untuk curang yang dilakukan sejumlah peserta atau oknum dalam pelaksanaan UTBK-SBMPTN tetap ada. Namun, panitia menyatakan tidak terjadi kebocoran soal dan kecurangan dapat diantisipasi.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
ยท 5 menit baca
Peserta UTBK-SBMPTN 2022 di Kampus Universitas Indonesia di Salemba, Jakarta,  Rabu (18/5/2022), diperiksa dengan <i>metal detector </i>sebelum memasuki ruang ujian. Peserta hanya diizinkan membawa alat tulis dan tanda pengenal. Pemeriksaan yang ketat ini untuk mengantisipasi upaya kecurangan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital.
KOMPAS/ESTER LINCE NAPITUPULU

Peserta UTBK-SBMPTN 2022 di Kampus Universitas Indonesia di Salemba, Jakarta, Rabu (18/5/2022), diperiksa dengan metal detector sebelum memasuki ruang ujian. Peserta hanya diizinkan membawa alat tulis dan tanda pengenal. Pemeriksaan yang ketat ini untuk mengantisipasi upaya kecurangan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital.

JAKARTA, KOMPAS โ€” Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi menyatakan tidak terjadi kebocoran soal saat berlangsung Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2022. Penyelenggara kegiatan itu justru menyatakan beredarnya isu kebocoran soal disebabkan sejumlah peserta ujian seleksi yang berniat melakukan kecurangan.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari, Senin (20/6/2022), menegaskan, selama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022, baik gelombang 1 maupun gelombang 2 sejumlah 28 sesi, sama sekali tidak terjadi kebocoran soal. Hal ini karena LTMPT merancang soal UTBK-SBMPTN 2022 berbeda untuk setiap sesi.

Editor:
ICHWAN SUSANTO
Bagikan