logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiHilirisasi Masih Jadi Tantangan

Hilirisasi Masih Jadi Tantangan

Hasil riset bisa disebut sebagai inovasi jika temuan atau invensi tersebut berhasil dikomersialisasi. Proses hilir ini yang masih menjadi tantangan di Indonesia.

Oleh Tim Kompas
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Hendra A Setyawan

Petugas melakukan ekstraksi daun ketepeng badak (Cassia alata) dan daun benalu (Dendrophtoe Sp) yang menjadi kandidat obat herbal untuk Covid-19 di Laboratorium Cara Pembuatan Obat Tradisonal Baik (CPOTD) Pusat Penelitian Kimia, Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI), Puspitek, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (6/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS - Kelahiran sejumlah  produk inovasi selama masa pandemi diapresiasi banyak pihak. Di tengah keterbatasan, bangsa Indonesia masih mampu menghasilkan karya-karya yang berguna untuk masyarakat dan dunia. Namun, hilirisasi produk tersebut masih menjadi tantangan.

Ketua Dewan Riset Nasional Bambang Setiadi, Senin (29/6/2020), mengingatkan sebuah hasil riset bisa disebut sebagai inovasi jika temuan atau invensi tersebut berhasil dikomersialisasi. Agar inovasi itu terwujud, tidak hanya dibutuhkan peran peneliti saja, namun juga pemerintah dan industri.

Editor: Ichwan Susanto
Bagikan
Memuat data..