logo Kompas.id
HumanioraLibatkan Laki-laki untuk Wujudkan Kesetaraan Jender

Libatkan Laki-laki untuk Wujudkan Kesetaraan Jender

Laki-laki harus dilibatkan dan bekerja sama dengan perempuan dalam program untuk mewujudkan kesetaraan jender. Selama ini, laki-laki jarang dilibatkan untuk mengatasi berbagai persoalan terkait perempuan dan anak.

Oleh Sonya Hellen Sinombor
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/SONYA HELLEN SINOMBOR

International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) menyampaikan Catatan Awal Tahun 2020 di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Catatan Awal Tahun 2020 yang mengambil tema ”Indonesia Maju dengan SDM Berkualitas, Setara, Demokratis, dan Menghormati Hak Asasi Manusia (HAM)” disampaikan Direktur Eksekutif INFID Sugeng Bahagijo (paling kanan), Direktur Program INFID Mugiyanto (paling kiri), Zumrotin K Susilo (kedua dari kanan) dari YKP, dan mantan anggota Komnas HAM. Acara dipandu Manager Program INFID Tatat (kedua dari kiri).

JAKARTA, KOMPAS — Peran laki-laki dan perempuan sama penting dalam mewujudkan kesetaraan jender dan mengatasi berbagai persoalan, mulai dari kekerasan terhadap perempuan dan anak hingga mencegah perkawinan anak, angka kematian ibu, dan tengkes (stunting). Karena itu, ke depan laki-laki harus dilibatkan dan bekerja sama dengan perempuan dalam berbagai program.

”Kita ini sering kali berjuang, tapi hanya perempuan saja yang diperhatikan. Laki-laki tidak pernah diberikan wawasan,” ujar Ketua Pengurus Harian Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) Zumrotin K Susilo pada acara Catatan Awal Tahun 2010 International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Editor: yovitaarika
Bagikan