logo Kompas.id
HiburanKisah Hampa Sepatu Mahal
Iklan

Kisah Hampa Sepatu Mahal

Film ”Air” menceritakan asal mula sepatu basket paling populer Air Jordan. Sepatu yang semula khusus dibuat untuk Michael Jordan ini makin populer sampai sekarang. Filmnya menghibur, tetapi kurang berbobot.

Oleh
HERLAMBANG JALUARDI
· 5 menit baca
Sonny Vacaro, yang diperankan Matt Damon (kiri), adalah pegawai divisi marketing lini basket merek Nike. Dalam film <i>Air</i>, Vacaro bersikeras mengontrak bintang muda Michael Jordan untuk memakai Air Jordan, sepatu khusus yang dibuat Nike untuknya. Hingga sekarang, Air Jordan masih laris dibeli orang, bukan cuma pebasket saja.
TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE MGM OFFICIAL

Sonny Vacaro, yang diperankan Matt Damon (kiri), adalah pegawai divisi marketing lini basket merek Nike. Dalam film Air, Vacaro bersikeras mengontrak bintang muda Michael Jordan untuk memakai Air Jordan, sepatu khusus yang dibuat Nike untuknya. Hingga sekarang, Air Jordan masih laris dibeli orang, bukan cuma pebasket saja.

Sepatu Air Jordan menjadikan pebasket Michael Jordan sebagai pensiunan atlet multimiliuner di jagat ini. Perusahaan pembuatnya, Nike, juga berkembang jadi raksasa pakaian olahraga ternama. Film Air menceritakan awal mulanya, namun tanpa isi yang bernas. Inilah bukti bawa konsumerisme itu menghibur.

Film Air, meski berbicara tentang sepatu, mengambil pola film olahraga pada umumnya. Ada yang tersepelekan, ada tokoh yang gigih berjuang, dan dipungkasi dengan kegemilangan. Rasanya janggal bahwa pihak tersepelekan di film ini adalah Nike, perusahaan yang kelak punya pabrik di negara-negara bagian selatan seperti Vietnam dan Indonesia. Namun demikianlah semesta film yang skenarionya ditulis Alex Convery ini.

Editor:
BUDI SUWARNA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000