Berlian Entertainment bersama Mata Elang Productions dan Mahaka Radio Integra mewujudkan konser yang menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi. Pergelaran yang berjalan lancar ini dinilai sebagai sebuah terobosan.
Oleh
DWI BAYU RADIUS
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Danamon Optimal New Live! Experience di Jakarta International Expo yang menampilkan Kahitna pada hari pertama, Sabtu (29/8/2020), berjalan lancar. Konser secara drive-in itu dianggap milestone atau batu loncatan untuk menggelar konser-konser pada masa mendatang.
Danamon Optimal New Live! Experience disaksikan penonton dari mobil masing-masing. Para penonton menyaksikan ”Kahitna 34 Tahun Perjalanan Cinta” dari sekitar 300 mobil yang berderet di Parkir Barat Jakarta International Expo. Protokol kesehatan pun dapat diterapkan dengan baik.
Mereka yang datang telah mengisi formulir berisi pertanyaan mengenai kesehatan dan menggunakan tiket elektronik. Penonton juga diminta membawa kendaraan laik, termasuk perangkat audio yang berfungsi baik untuk menikmati konser tersebut.
”Selama pertunjukan berlangsung, semua tata tertib wajib dipatuhi. Kami tetap menjaga kesehatan penonton dan kru,” kata Chief Executive Officer Berlian Entertainment Dino Hamid. Ia mempromotori konser itu bersama Mata Elang Productions dan Mahaka Radio Integra.
”Penonton harus selalu berada di mobil. Kecuali, kalau mau ke toilet, harus seizin dan diantar petugas kami,” ucapnya. Mereka yang boleh hadir berusia setidaknya 9 tahun dan kurang dari 60 tahun. Ibu hamil tidak diperkenankan datang ke konser itu.
”Makanan dan minuman dapat dipesan sebelum konser. Kami minta penonton selalu membawa pembersih tangan. Tiket hanya bisa dibeli secara daring,” ujar Dino. Mobil yang dapat digunakan bermesin nondiesel. Tinggi kendaraan itu maksimal 2 meter.
Kahitna membawakan sekitar 15 lagu selama sekitar 1,5 jam sejak pukul 21.30. Minggu (30/8/2020), giliran Armand Maulana dan Afgansyah Reza yang akrab disapa Afgan menghibur penonton. Mereka tergabung dalam Project A dan tampil di panggung yang sama pertama kalinya.
Pengamat musik Bens Leo berpendapat, Danamon Optimal New Live! Experience bisa menjadi model untuk konser-konser ke depan. Ia mencontohkan Konser 7 Ruang dengan pertunjukan pertama digelar pada akhir April 2020 sebagai pola serupa. Perangkat mutakhir pun semakin menunjang pergelaran itu.
”Teknologi tersebut seperti audio melalui radio FM dan video di layar monitor mobil. Khusus Kahitna, mereka punya penggemar yang loyal,” kata Bens. Jika setiap mobil diisi tiga pengunjung, jumlah total penonton konser itu sekitar 900 orang.
”Berlian Entertainment dan Danamon sepertinya tidak mencari untung dengan konser itu, tetapi promosi promotor utama dan perbankan,” ucapnya. Sepengamatan Bens, Danamon Optimal New Live! Experience dianggap konser drive-in terbesar di Indonesia hingga saat ini.
Menurut solois Harlan Boer, drive-in bisa menjadi solusi untuk menggelar konser di masa pandemi meski tak semua band atau musik cocok menyelenggarakannya. ”Masalahnya, sekarang yang ada itu. Ya, itu saja yang bisa digelar,” ujar mantan manajer Efek Rumah Kaca dan personel The Upstairs tersebut.