Sejak diluncurkan pada tahun 2017, CX-3 berangsur-angsur menjadi andalan Mazda yang terus mengembangkan model tersebut.
Oleh
DWI BAYU RADIUS
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Mazda semakin tancap gas dengan meluncurkan versi pemutakhiran (facelift) mobil SUV kompaknya, CX-3, dan target penjualan yang kian meningkat. Mobil teranyar dengan tipe 1.5 Sport dan 2.0 Pro itu semakin estetis dengan sejumlah fitur mutakhir.
Selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan distributor Mazda di Indonesia, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncurkan The New Mazda CX-3 di Jakarta, Kamis (29/2/2024). Managing Director PT EMI Ricky Thio mengatakan, CX-3 menjadi tulang punggung penjualan Mazda pada tahun lalu.
Sepanjang tahun 2023, penjualan Mazda mencapai 5.320 unit. Sekitar 1.800 unit dari jumlah itu merupakan CX-3. Pada tahun 2024, penjualan tersebut ditargetkan naik hampir 40 persen dengan proyeksi pascapemilu yang berlangsung lancar, penambahan jejaring servis, dan penyegaran model kendaraan.
”Kami optimistis. Pemilu enggak masalah. Selepas tahun 2022, masih setengah pandemi, tetapi pasar semakin baik,” ujar Ricky. Selain varian itu, Mazda juga mengandalkan CX-5 sebagai mobil dengan penjualan terbesarnya. Pada tahun 2024, Mazda menargetkan penjualan semua variannya sebanyak 7.000 unit.
Mazda meluncurkan CX-3 di Indonesia pertama kali pada tahun 2017 dan mobil itu terus berkembang. The New Mazda CX-3 ini hadir dengan sejumlah penyempurnaan eksterior dan interior yang diyakini memiliki standar tersendiri dalam desain, performa, dan pengalaman berkendara di kelasnya.
Tipe 1.5 Sport dirancang untuk mereka yang mengutamakan keluwesan berkendara dan efisiensi pemakaian bahan bakar minyak (BBM). Sementara, varian 2.0 Pro sesuai untuk konsumen yang membidik pengalaman berkendara dengan tenaga lebih besar dan fitur premium lebih lengkap.
Perubahan tampilan eksterior The New Mazda CX-3 yang paling mencolok adalah bagian atapnya yang kini memiliki warna hitam mengilap atau berbeda dengan warna bodi (two tone). Kombinasi dua warna pada tipe 2.0 Pro yang berkilau menyuguhkan tampilan sport sekaligus elegan. Warna hitam glossy itu ikut melaburi grille yang berkesinambungan sampai lampu depan.
The New Mazda CX-3 juga dilengkapi pelek berbentuk palang yang dipilin dengan kesan cepat dan dinamis. Paduan kulit dan suede menyelubungi jok pada tipe 2.0 Pro yang kian cantik dengan motif panah untuk mengekspresikan kedinamisannya. Panel dasbor dan door trim turut dilingkupi bahan kulit beraksen bintik-bintik.
Adapun panel dasbor dan door trim tipe 1.5 Sport diselimuti bahan suede. Bingkai kisi-kisi pendingin udara 2.0 Pro berkelir hitam diselingi coklat tembaga, sedangkan 1.5 Sport berwarna merah dan perak. Semua tipe sudah dipasangi sunroof.
Tipe 1.5 Sport dipasangi mesin dengan tenaga 111 PS dan torsi 144 Nm. Sementara pada tipe 2.0 Pro memiliki torsi lebih besar, yakni 195 Nm, dengan tenaga puncak 149 PS. Namun, kedua varian tersebut sama-sama sudah dilengkapi fitur G-Vectoring Control untuk meningkatkan respons kendaraan, mampu mengurangi gaya gravitasi saat menikung.
Menurut Customer Service Director PT EMI Igor Panjaitan, peluncuran garansi menjadi komitmen untuk meningkatkan kepuasan pemilik Mazda. Program itu berlaku selama lima tahun atau 150.000 kilometer, mana pun yang lebih dulu terlewati.
”Jaminan servis 3 Years MyMazda Service yang mencakup suku cadang dan mekanik selama tiga tahun atau 60.000 km juga tersedia,” ujarnya. Mereka yang tertarik bisa mendatangi dealer-dealer Mazda yang tersebar di 26 lokasi. Harga tipe 1.5 Sport Rp 399,9 juta dan 2.0 Pro dibanderol Rp 495,5 juta. Semua dalam kondisi on the road di Jakarta.
Product and Dealer Marketing Assistant Manager PT EMI Glen Reinner menyoroti warna aero grey metallic yang terinspirasi dinamika saat mobil berada dalam terowongan udara. Corak tersebut diyakini mampu menyuguhkan nuansa canggih yang membedakan The New Mazda CX-3 dengan mobil-mobil lain.
”Warna-warnanya, pembeli 1.5 Sport bisa menentukan di antara tujuh pilihan dan konsumen 2.0 Pro disediakan empat alternatif,” katanya. Khusus pengecatan warna premium metalik, seperti merah dan abu-abu, Mazda mengaplikasikan teknologi khusus seakan diwarnai tangan perajin.