BMW Kian Kukuh Menggenggam Kelas Premium
Mobil sport BMW M mencapai penjualan tertinggi pada tahun 2023 atau 400 unit. Jumlah itu meningkat 152 persen dari 2022.
Pabrikan asal Jerman, BMW, masih konsisten melaju di lintasan primer dengan kemewahan yang kini dilengkapi kemutakhiran mobil listriknya. Lompatan penjualan dibarengi aneka varian mentereng, meski harganya berpadanan dengan konsumen papan atas, menegaskan BMW yang kian kukuh menggenggam kelas premium.
Platform yang terbentang dengan luas sekitar 630 meter persegi tersebut dipadati mobil-mobil nan glamor. Ruang pamer dengan kendaraan-kendaraan teranyar itu, BMW Group Pavilion, tentulah membetot perhatian banyak pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta.
Pada hari pertama pameran otomotif tersebut, Kamis (15/2/2024), BMW Group Indonesia menggamblangkan strata yang dibidiknya dengan interior megah dan layar raksasa untuk memampangkan video mengenai mobil-mobilnya. Produk-produk terdepan siap dipajang untuk pertama kalinya.
Baca juga: BMW Tampilkan Perdana Dua Mobil Listrik Premium
Presiden Direktur BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan menyingkap selubung BMW iX1 eDrive20 M Sport dan BMW iX xDrive50 Sport. Ia lantas mengungkapkan pencapaian pentingnya. ”Penjualan BMW Indonesia pada tahun 2023 mencapai 4.172 unit yang meningkat 38 persen dari 2022,” katanya.
Pertumbuhan itu tergolong paling tinggi di pasar BMW global. Penjualan pada tahun 2022 sebanyak 3.023 unit juga meningkat 24 persen dari 2021 sebanyak 2.433 unit. Pangsa pasar kendaraan konvensional dan elektrik BMW Indonesia sudah menembus 39 persen di ajang otomotif premium.
Ramesh lalu mengacu segmentasi mobil luks yang semakin berkilau dengan penjualan BMW Seri 7 sebanyak 219 unit pada tahun 2023 atau melonjak hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Permintaan BMW X7 turut terdongkrak signifikan.
”Sementara mobil sport beperforma tinggi, BMW M, mencapai penjualan tertingginya pada tahun 2023 atau 400 unit,” katanya. Jumlah itu meningkat 152 persen dibandingkan 2022. Rasio mobil tersebut, yakni satu dari hampir 10 mobil BMW di Indonesia, juga merupakan yang tertinggi di dunia.
Ia menambahkan, sebanyak 745 mobil listrik BMW yang diterima konsumen pada tahun 2023 dianggap luar biasa. Ramesh menyebut BMW sebagai jenama mobil listrik premium terdepan di Indonesia dengan pangsa pasar 61 persen. Prospek yang cerah didorong sosialisasi mobil listrik dan konvensional.
Mobil listrik
Ramesh tentu menjabarkan pasangan kendaraan andalan yang dipajang pertama kalinya di Hall A tersebut. Didahului pemaparan tentang BMW iX xDrive50, varian baru kendaraan listrik premium itu berinterior modern yang nyaman, luas, dan mewah.
Mobil dengan output 385 kW (523 PS) tersebut mampu mencapai kecepatan dari nol hingga 100 kilometer per jam dalam 4,6 detik. Kendaraan itu juga menggunakan bahan daur ulang sehingga ramah lingkungan dengan konsumsi daya listriknya rata-rata dalam siklus WLTP, yakni di bawah 21 kWh per 100 km.
Mobil tersebut juga dapat mengisi ulang baterai dengan daya hingga 200 kW. Artinya, pengisian daya selama 10 menit dapat menyediakan energi untuk menambah jarak lebih dari 120 km. Pengisian daya baterai tegangan tinggi bisa ditingkatkan dari 10 persen ke 80 persen dalam kurang dari 40 menit.
Unit baterai mobil itu memiliki kandungan energi (gross) lebih dari 100 kWh yang dapat menghasilkan jangkauan hingga 630 km dengan penghitungan WLTP. Harga BMW iX xDrive50 dengan tipe sport activity vehicle (SAV) tersebut Rp 2,62 miliar off the road.
Baca juga: Mobil Listrik BMW Makin Banyak
Adapun BMW iX1 eDrive20 merupakan SAV kompak, modern, terdepan di levelnya, dan ramah lingkungan. Varian listrik sepenuhnya itu telah ditambahkan sebagai wujud baru BMW X1. Mobil tersebut menjadi perluasan portofolio BMW yang konsisten dalam segmen premium kompak.
Menurut Ramesh, BMW iX1 eDrive20 memungkinkan kendaraan listrik premium dengan daya tarik mewah, tetapi tetap ekonomis. Hadir dalam satu varian model, kendaraan itu ditenagai baterai dengan jangkauan jarak tempuh 474 km. Teknologi eDrive generasi kelima diimplementasikan dalam BMW iX1 eDrive20.
Metode tersebut menghasilkan torsi maksimum yang tersedia secara instan sebesar 250 Nm. Baterai tegangan tinggi ditempatkan di lantai kendaraan untuk menghemat ruang dan memiliki kandungan energi yang dapat digunakan sebesar 64,78 kWh.
Mulai nol hingga 100 persen, baterai bisa diisi dalam 6,5 jam. Status pengisian baterai juga bisa ditingkatkan dari 10 persen menjadi 80 persen dalam 29 menit di stasiun pengisian cepat (fast charging). Mobil tersebut mampu berakselerasi dari nol hingga 100 km per jam dalam 8,6 detik.
Ramesh mengatakan, BMW iX1 eDrive20 turut menawarkan sistem navigasi BMW Maps, konsep keamanan pasif terintegrasi yang mencakup interaksi baru airbag di antara jok depan, dan asistensi untuk parkir. Kendaraan tersebut dipasangi motor elektrik yang mengeluarkan tenaga 150 kW (204 HP).
Harga BMW iX1 eDrive20 sebesar Rp 1,44 miliar off the road. Pengunjung BMW Group Pavilion berkesempatan untuk mencoba mengendarai mobil-mobil terbaru. Servis BMW didukung hampir 20 diler di Indonesia dengan tenaga mobil listrik yang terlatih.
Terkover program
Semua mobil terkover program BMW Service Inclusive yang mencakup biaya perawatan mobil listrik selama enam tahun dan lima tahun untuk tipe konvensional. ”Garansi baterainya delapan tahun atau 160.000 km, mana pun yang lebih dulu terlewati,” imbuh Ramesh.
Layanan Roadside Assistance Services berlangsung selama tiga tahun jika konsumen mendapati masalah sehingga mobilnya harus ditarik ke bengkel terdekat. Pemilik kendaraan bisa mengakses pemesanan jika membutuhkan servis, membuat janji bertemu staf BMW, bahkan bertanya lewat panggilan video.
Ramesh mengusung tema ”Your Infinite Autotainment Experience” pada BMW Group Pavilion di IIMS 2024 ini, yang merepresentasikan perjalanan BMW menuju masa depan. ”Kami tak hanya mengikuti masa depan, tetapi juga mengarahkannya. Paduan kemewahan, inovasi, dan keberlanjutan dibuktikan lewat BMW Group Pavilion,” ujarnya.
Mobil juga digaransi lima tahun tanpa batasan jumlah jarak tempuh. Visi BMW mengenai masa depan diwujudkan dengan kendaraan, pengalaman, dan ingatan yang dibangun bersama penggunanya. Kendaraan listrik setaraf limosin, BMW i7, bahkan menjadi mobil dengan penjualan tertinggi di kategorinya.
Dalam kesempatan itu, kreator konten video bertema otomotif, Fitra Eri, didaulat sebagai pemilik BMW iX xDrive50 pertama di Indonesia. ”Pertemuan pertama saya dengan mobilnya di Munich (Jerman), tahun 2019, masih berupa konsep. Saya langsung suka,” ujarnya.
Ia memandang BMW mendukung aplikasi ramah lingkungan atau keberlanjutan dengan platform spesifik untuk kendaraan listrik. ”Mobil yang tepat buat saya. Banyak sekali fitur unik yang berbeda dengan rivalnya tanpa mengorbankan joy of driving (kenikmatan berkendara),” ucapnya.