Indonesia Negara Pertama di Asia yang Meluncurkan BMW R 1300 GS
Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang dirambah oleh sepeda motor BMW R 1300 GS yang kini tampil revolusioner.
Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, PT Layur Astiti Bumi Kencana sebagai authorized importer dan distributor BMW Motorrad di Indonesia sejak 1 Desember 2023 meluncurkan tiga sepeda motor premium terbaru untuk pasar Indonesia, Kamis (15/2/2024).
Sepeda motor itu adalah skuter elektrik BMW CE-04 yang sudah diperkenalkan Oktober 2022, G 310 GS dan G 310 R yang mendapat sentuhan facelift, serta yang menjadi andalannya adalah adventure ikonik BMW, yaitu BMW R 1300 GS yang diberi tagline The Pacesetter.
Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang dirambah oleh sepeda motor ini. ”Kami sangat senang meluncurkan pertama kalinya di Asia. Kami belum meluncurkan R 1300 GS di Malaysia, Singapura, ataupun Thailand. Indonesia menjadi negara pertama yang memilikinya,” ujar Head of BMW Motorrad Asia Tenggara & Importer Asia Pasifik Shivapada Ray.
Davy Tuilan, COO BMW Motorrad Indonesia, menambahkan, ”BMW R 1300 GS adalah bukti komitmen BMW Motorrad untuk mewujudkan motor adventure performa dan teknologi terbaik. Kami yakin R 1300 GS akan mendefinisikan kembali pengalaman bertualang bagi para penggemar sepeda motor di Indonesia.”
Tampilan BMW R 1300 GS yang lahir sebagai penyempurnaan dari model sebelumnya, yakni BMW R 1250 GS, kini terlihat jauh berbeda. Desain baru bodi terlihat revolusioner dan meninggalkan ciri khas BMW. Seperti juga ditemui pada varian superbike BMW M 1000 R dan sport avontur S 1000 XR terbaru, lampu depan asimetris perlahan ditinggalkan.
Pada BMW R 1300 GS terbaru ini ada 24 fitur yang disempurnakan, baik dari sisi performa maupun fitur-fitur berteknologi tinggi. Pertama, bobot sepeda motor kini lebih ringan 12 kg meningkatkan power-to-weight ratio. Torsi maksimum meningkat 6 Nm menjadi 149 Nm, menjadikan sepeda motor sangat nyaman dikendarai di tikungan tajam yang menanjak. Sementara itu, tenaga yang dihasilkan pun meningkat 9 HP menjadi 145 HP.
Kapasitas silinder kini 1,300 cc atau meningkat cukup signifikan dari sebelumnya 1,254 cc. Struktur mesin mengalami penyempurnaan dari 3 shafts menjadi 2 shafts. Pada bagian rangka, dari sebelumnya tubular frame telah dirubah menjadi metalsheet frame agar tampilan lebih kompak dan meminimalkan terjadinya turbulensi-turbulensi kecil di kecepatan tinggi.
Tampilan juga mendapat perubahan pada desain headlight asimetris yang telah bertahun-tahun menjadi ikon GS diubah menjadi Matrix LED dengan 47 modul LED agar pencahayaan lebih optimal dalam kondisi apa pun.
Pada sektor kemudi terdapat multirocker button, tombol serbaguna untuk pengaturan beberapa fitur sepeda motor. Selain itu, quick selection button juga turut mempermudah pengendara memilih tombol untuk fitur-fitur favoritnya. Posisi ignition button dipindahkan untuk menunjang kinerja handlebar dan meningkatkan durabilitas tombolnya.
Suspensi BMW Telelever yang menjadi ciri khas pun mendapat upgrade menjadi BMW Evo Telelever dengan clamp yang berfungi menstabilkan kinerja handlebar. Sementara pada bagian belakang dilengkapi Dynamic Suspension Adjustment (DSA) yang terintegrasi dengan beberapa fitur terkini, seperti pengaturan tinggi sepeda motor dan shock absorber.
Pada bagian lain, fitur Adaptive Height Control akan menyesuaikan tinggi kendaraan sesuai situasi berkendara. Pengereman dengan fitur ABS kini juga dioptimalisasi menjadi full integral ABS Pro.
Teknologi radar turut digunakan untuk menunjang beberapa fitur sepeda motor. Salah satunya adalah penunjang touring, seperti cruise control, kini disempurnakan lagi dengan active cruise control dengan basis radar. Sementara fitur-fitur keselamatan lain juga ditunjang radar, seperti lane change warning, blindspot warning dan forward collision warning.
Ergonomi sepeda motor juga mendapat sentuhan beberapa perubahan. Pengendara semakin dipermudah dengan electric windshield untuk mengatur posisinya. Sementara untuk memudahkan pengendara memfungsikan center stand, BMW R 1300 GS dilengkapi dengan jack assist. Kompartemen penyimpan gawai yang terintegrasi USB charger turut menunjang pengendara untuk memastikan baterai ponselnya terisi selama perjalanan. Selain itu, ada pula sistem penguncian central lock vario case, lock-unlock box motor, yang terintegrasi dengan tombol kunci utama. Vario case ini juga dlengkapi dengan dengan fitur USB charger.
BMW R 1300 GS dengan 3 vario boks (samping dan belakang) dijual dengan harga Rp 1.160.000.000 (warna triple black), Rp 1.160.000.000 (style sport), dan Rp 1.210.000.000 (warna style rallye). Keseluruhan harga tersebut sudah on the road wilayah Jakarta.