Kami mendapat giliran menjajal semua model yang tersedia sebanyak tiga kali putaran mengitari sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu. Semua mobil yang dites telah mengusung teknologi elektrifikasi.
Oleh
DAHONO FITRIANTO
·4 menit baca
Mobil-mobil SUV selama ini tidak dekat dengan dunia sirkuit balap. Namun, ke sanalah Lexus membawa SUV-SUV terbarunya untuk dijajal kemampuannya.
Untuk menambah rasa penasaran, semua mobil yang diterjunkan ke sirkuit ini dari berbagai varian SUV yang sudah mendapat teknologi elektrifikasi. Mulai dari mobil berteknologi hibrida (hybrid electric vehicle/HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), hingga mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV).
Itulah yang terjadi dalam acara bertajuk ”A Day With Lexus Electrified” yang acara intinya berlangsung di sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/6/2023). Para awak media diberi kesempatan menjajal semua varian Lexus terelektrifikasi, mulai dari Lexus RX 350h (HEV), Lexus RX 450h+ (PHEV), Lexus RX 500h F Sport+ yang datang dari varian Lexus RX Hybrid Electric Performance, hingga Lexus RZ 450e yang merupakan mobil listrik murni terbaru Lexus.
Seluruh rangkaian acara diselenggarakan dengan cita rasa khas Lexus. Para undangan acara ini tidak disuruh hadir ke suatu tempat dengan kendaraan sendiri, melainkan dijemput di lokasi masing-masing menggunakan berbagai model Lexus. Kompas dijemput dengan Lexus ES 300h, sedan premium yang juga sudah mengusung teknologi hybrid.
Kami pun dibawa ke tempat kumpul pertama di Immersion by Lexus, sebuah fasilitas eksklusif di Menara Astra, Jakarta Pusat, dengan berbagai sentuhan kemewahan yang dikhususkan bagi para pemilik mobil berlogo L ini. Di sana kami disambut Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM Fumitaka Kawashima, dan General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma, sekaligus menikmati menu makan siang.
Seusai mendapat penjelasan tentang berbagai teknologi pada mobil-mobil terelektrifikasi di Lexus ini, kami pun bergeser ke Ancol dengan mobil yang tadi menjemput kami. Di sana sudah disiapkan mobil-mobil yang akan diuji jalan di sirkuit. Kami mendapat giliran menjajal semua model yang tersedia sebanyak tiga kali putaran mengitari sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu. Para instruktur safety driving dari Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) mengawal di depan dan belakang konvoi untuk memastikan uji kendara berjalan dengan menggairahkan, tetapi tetap mengutamakan faktor keselamatan.
”Sejak persiapan kami sudah menekankan agar sesi uji kendara di sirkuit ini tetap berjalan exciting walau tetap mengutamakan keselamatan,” ujar Bansar Maduma.
Dan, hal itu terbukti saat mobil pace car di urutan terdepan membiarkan mobil-mobil yang dikendarai melaju dengan kecepatan cukup tinggi dan merasakan adrenalin membalap di sirkuit, lengkap dengan sensasi decitan ban saat melintasi bagian tikungan tajam.
Mobil pertama yang Kompas jajal adalah Lexus RX 350h, varian elektrifikasi terendah sekaligus terlaris di jajaran Lexus RX di Tanah Air saat ini. Dengan tenaga dari sistem penggerak hibridanya sebesar 247 HP dan torsi puncak 239 Nm, performa mobil masih terasa biasa saja saat diajak melaju di sirkuit. Ini seolah menjadi pembuka untuk mengenal sirkuit dan pengendalian RX terbaru.
Baru pada model kedua, yakni RX 450h+, tenaga terasa lebih spontan saat diajak menaklukkan tikungan demi tikungan sirkuit ini. Wajar saja, sistem penggerak hibridanya mengeluarkan tenaga 304 HP dan torsi 227 Nm, dan dilengkapi sistem penggerak all wheel drive (AWD). Mobil ini terasa lebih bergairah saat digas keluar dari tikungan.
Namun, pengalaman berkendara paling mengasyikkan adalah saat menjajal Lexus RZ 450e yang merupakan mobil listrik murni. Meski Kompas sudah mencoba mobil ini di acara media global di Perancis selatan, Februari 2023, baru kali ini RZ 450e ini dites di sirkuit. Begitu masuk ke kabin, terasa posisi duduk mendekati sebuah sedan.
Sistem penggeraknya menelurkan tenaga 308 HP dan torsi puncak 434,8 Nm yang langsung instan terasa begitu pedal akselerator diinjak. Posisi mengemudi yang seperti sedan dan teknologi AWD pintar Direct4 membuat mobil lebih percaya diri diajak bermanuver di sirkuit. Bahkan, di trek lurus sepanjang sekitar 600 meter, mobil bisa dipacu hingga kecepatan 153 km per jam dengan mudah dan cepat, sebelum harus mengerem untuk masuk ke tikungan pertama.
Sensasi berkendara RZ bahkan masih lebih baik dibandingkan RX 500h F-Sport+ yang tenaganya lebih besar dan mengandalkan sistem hibrida paralel. Artinya, tenaga dari baterai digunakan bersamaan selalu dengan tenaga mesin 2,4 liter (2.393 cc) yang dilengkapi turbo sehingga mengeluarkan tenaga gabungan hingga 366 HP dan torsi puncak 460 Nm.
Walau cepat dan bertenaga, postur RX yang lebih tinggi daripada RZ tetap mengeluarkan gejala limbung saat melibas tikungan dengan kecepatan tinggi. Walaupun sistem Direct4-nya membuat mobil cepat keluar dari tikungan dengan mulus. Fitur kemudi roda belakang juga membantu mobil bermanuver di tikungan tajam.
Seusai ”bersenang-senang” di sirkuit, pihak Lexus Indonesia kembali menutup acara hari itu dengan gaya Lexus. Semua peserta diajak menikmati hidangan makan malam dalam format fine dining di restoran The View di lantai 22 Hotel Fairmont Jakarta.