Civic Type R generasi baru ini sudah diminati para pecinta Honda sejak sebelum diluncurkan resmi. Hingga saat ini, sudah ada 95 orang yang antre untuk mendapatkan unit Type R-nya.
Oleh
DAHONO FITRIANTO
·3 menit baca
Honda Civic Type R, versi performa tinggi dari Honda Civic, kembali dihadirkan Honda Motor Co Ltd. Generasi terbaru mobil pemacu adrenalin ini resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia pada Kamis (30/3/2023) di Jakarta.
Bersamaan dengan acara buka puasa bersama dengan awak media, PT Honda Prospect Motor meluncurkan Civic Type R generasi terbaru (kode model FL5) sekaligus melakukan serah terima mobil ini ke 10 pemesan pertama.
Yusak Billy, Direktur Inovasi Bisnis dan Pemasaran & Penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, Civic Type R generasi baru ini sudah diminati para pecinta Honda sejak sebelum diluncurkan resmi. Hingga saat ini, sudah ada 95 orang yang antre untuk mendapatkan unit Type R-nya. “Mobil ini banyak peminatnya, tetapi produksinya masih terbatas,” tutur Billy yang mengatakan Honda Civic performa tinggi ini didatangkan secara CBU (completely built up) dari Jepang.
Dari jumlah pemesan tersebut, hingga saat ini baru datang 15 unit mobil. Menurut Billy, pada bulan Mei akan datang lagi kurang dari 10 unit, demikian pula pada bulan Juni. “Kami terus berkomunikasi dengan principal di Jepang untuk menambah alokasi ke Indonesia, mengingat minat konsumen sangat besar,” ujarnya.
Padahal harga mobil ber-DNA balap ini tak bisa dibilang murah. Satu unit Honda Civic Type R generasi terbaru ini dibanderol Rp 1,399 miliar dalam kondisi on the road di Jakarta. Billy menambahkan minat terhadap mobil ini diperkirakan jauh lebih tinggi dibanding Civic Type R generasi sebelumnya. “Pada generasi sebelumnya, yang berkode FK8, total ada 118 pelanggan yang membeli Civic Type R. Pada generasi terbaru ini, pemesannya sudah 95 orang bahkan sejak sebelum mobil diluncurkan dan diumumkan harga resminya,” paparnya.
Dari luar, Honda Civic Type R ini mengusung bentuk bodi hatchback dengan keseluruhan tampilan menyerupai Honda Civic generasi kesebelas yang sudah diluncurkan sejak November 2021. Perbedaan secara tampilan hanya pada bentuk pintu bagasi belakang yang bisa dibuka menyatu dengan kaca belakang, dan ada lubang udara di kap mesin. Tak lupa, ciri khas Civic Type R berupa tiga moncong knalpot menyembul di antara deretan diffuser di buritan mobil.
Performa mesin
Namun tentu saja daya tarik utama mobil ini terletak pada performa mesinnya. Dengan mengusung mesin bensin berkode K20C1 empat silinder dengan kapasitas 2.0 liter ditopang turbo. Tenaga puncak yang dikeluarkan mencapai 319 PS pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsi maksimum 400 Nm mulai 2.500 rpm.
Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan. Mobil juga dilengkapi empat mode berkendara dengan setting performa berbeda-beda. Empat mode berkendara itu adalah Comfort, Sport, Individual, dan mode +R sebagai mode paling agresif.
Untuk mengimbangi performa mesin ini, roda-roda Type R dilengkapi peranti rem buatan Brembo dengan kaliper warna merah khas Brembo.
Di interior, langsung terlihat dua kursi sport di bagian depan. Kulit Alcantara juga terlihat membalut roda kemudi. Sementara panel instrumen kini sudah sepenuhnya digital.
Civic Type R generasi terbaru ini sudah membuktikan performanya di Sirkuit Suzuka, Jepang, dengan mematahkan rekor sebelumnya yang dicetak Type R generasi sebelumnya. Waktu yang dicatatkan untuk memutari sirkuit populer di Jepang ini adalah 2 menit dan 23,120 detik.
Di sisi keselamatan, selain dilengkapi 8 kantung udara, mobil ini juga sudah menerapkan sistem keselamatan aktif Honda Sensing. Termasuk di antara fitur keselamatan aktif ini adalah fitur rem darurat saat mendeteksi risiko benturan dengan objek di depannya, kendali laju (cruise control) adaptif, dan road departure mitigation untuk mencegah mobil keluar dari lajurnya. (DHF)