Wuling Alvez hadir di tengah persaingan panas pasar mobil SUV kompak. Harganya tak sampai Rp 300 juta, tapi fiturnya berlimpah. Pilihan menggiurkan bagi yang ingin merasakan teknologi mobil masa kini.
Oleh
HERLAMBANG JALUARDI
·4 menit baca
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Wuling Motors Indonesia meluncurkan model SUV kompak bernama Alvez dengan kapasitas lima penumpang. Selama pameran Indonesia International Motor Show 2023 pada 16-26 Februari lalu, sebanyak 163 unit telah terpesan. Mobil bermesin bakar 1,5 liter ini dijual di rentang harga Rp 209 juta hingga Rp 295 juta dalam tiga varian.
Segmen model SUV berukuran kompak bisa jadi adalah segmen terpanas saat ini. Pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu, Wuling Motors mengeluarkan model baru bernama Alvez di segmen ini. Harganya di bawah Rp 300 juta, relatif lebih murah dibandingkan pesaingnya.
Wuling Alvez resmi diluncurkan pada pembukaan pameran IIMS pada Kamis (16/2/2023). Harganya langsung diumumkan, yaitu Rp 209 juta untuk tipe SE, Rp 225 juta untuk tipe CE, dan yang tertinggi Rp 295 juta untuk tipe EX. Semua harga berlaku on the road Jakarta.
Pada hari yang sama, beberapa merek lain meluncurkan mobil bersegmen sama. Merek Chery memperkenalkan model Omoda 5 dengan harga Rp 328 juta untuk tipe Z, dan Rp 398 juta untuk tipe RZ. Jenama Suzuki menyingkap generasi terbaru Grand Vitara, yang harganya baru diumumkan pada pameran Gaikindo Jakarta Auto Week mulai 10 Maret 2023.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Lampu depan Wuling Alvez tipe EX telag menggunakan LED proyektor, yang ketinggiannya bisa disesuaikan. Ada pula lampu kabut di bagian bawah yang masih menggunakan halogen.
Tiga model baru yang diluncurkan pada acara yang sama menggambarkan betapa makin riuhnya persaingan SUV kompak saat ini. Persaingan ini telah diramaikan, antara lain oleh Hyundai Creta, Kia Seltos, dan Honda HR-V. Secara harga, Wuling Alvez ada di antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Sementara Creta, Seltos, dan HR-V dijual di rentang Rp 300-400 jutaan.
Dengan harga yang tak sampai Rp 300 juta, Wuling Alvez bisa jadi pilihan baik bagi pengguna mobil kategori irit/ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) seperti Toyota Agya atau Honda Brio Satya untuk berpindah ke kelas SUV. Keluarga muda pun rasanya pantas memilih mobil ini sebagai mobil pertama mereka.
Dengan pertimbangan sedemikian, Wuling Alvez cukup banyak menarik perhatian pengunjung IIMS 2023 lalu dan mencoba rasa berkendaranya. Dari semua lini Wuling, model Alvez menjadi yang paling banyak dicoba, yakni 671 kali, mengungguli mobil listrik mungil mereka Air ev. Selama sebelas hari pameran, Alvez dipesan sebanyak 163 unit. Penyelenggara pameran mengganjar Alvez sebagai Most Affordable Crossover.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Dapur pacu Wuling Alvez menyimpan mesin berkapasitas 1.485 cc 4 silinder segaris. Mesin itu menghaislkan tenaga maksimum 105 HP dan torsi puncak 143 Nm.
Wuling Alvez ibarat wujud mini dari kakaknya, Wuling Almaz. Ini terlihat pada lekuk garis sisi samping, terutama pada pilar paling belakang. Tapi, wajahnya berbeda. Jika Almaz kini menggunakan lampu yang sipit, lampu depan utama Alvez lebih lebar dengan sudut menyiku. Bagian grilnya dihiasi warna krom mengapit logo Wuling. Gaya eksterior Alvez terbilang aman diterima banyak kalangan.
Alvez dibekali mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.485 cc tanpa turbo. Mesin ini juga dipakai di model Wuling Confero S. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 105 HP dengan torsi puncak 143 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT. Khusus tipe SE, transmisinya manual 6 percepatan.
Dengan jarak antarsumbu roda 2.550 milimeter, ruang kabin bagian belakang masih cukup lega bagi penumpang dengan tinggi 169 sentimeter. Joknya dibalut kulit sintetis. Sayangnya, tak ada sandaran tangan di baris belakang ini.
Di baris depan, dasbornya diimbuhi garis vertikal berwarna krom di antara balutan kulit sintetis warna gelap. Monitor sentuh 10,25 inci menjadi pusat di dasbor itu yang terpasang horizontal. Monitor bisa tersambung lewat Bluetooth untuk memutar musik dari ponsel. Kualitas suara dari empat pelantangnya sedang-sedang saja.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Bagian dasbor Wuling Alvez tipe EX dihiasi aksen garis krom dan layar monitor informasi 10,25 inci. Klaster instrumen di balik setir juga menggunakan layar 7 inci.
Fitur lengkap
Setir adalah komponen krusial begitu duduk di kursi pengemudi. Desain setir beralas rata ini sepertinya sama sekali baru, belum pernah ada di seri Wuling lainnya. Genggaman pada setir terasa nyaman. Tapi, rasanya sudut pemasangan setir ini terlalu landai, sehingga tangan cukup kerepotan menjangkau bagian atasnya. Apalagi, pengaturan posisi setirnya tidak bisa dimaju-mundurkan, hanya naik-turun.
Rem parkir mobil ini elektrik yang dilengkapi penahan otomatis (auto hold). Jadi, untuk melajukan mobil setelah memasukkan transmisi ke posisi D, tombol rem parkir hanya perlu ditekan dengan jari. Kesan awal, dan paling membekas, adalah putaran setirnya yang ringan sekali. Putar-putar setir mencari parkir mungkin sama sekali tidak bikin pegal. Tapi di jalan raya, apalagi di jalan tol, efektivitas dan kemanannya perlu diuji lebih lanjut.
Nah, fitur keamanan dan asistensi mobil ini bisa jadi adalah yang paling lengkap di kelasnya. Betapa tidak, Alvez tipe EX telah dilengkapi adaptive cruise control, peringatan jarak aman, peringatan tumbukan depan, pengereman darurat otomatis, peringatan melenceng dari lajur, pemosisian di lajur, dan beberapa lainnya. Fitur-fitur ini bisa diatur dari layar sentuh di dasbor, juga di bilah kiri setir.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Kamera di atas kaca depan Wuling Alvez berfungsi untuk membaca kondisi di depan mobil dalam cakupan advanced driver assistance system (ADAS), atau sistem asistensi pengemudi.
Alvez pun dilengkapi penahan pada tanjakan/turunan (hill hold control), yang bermanfaat jika terpaksa berhenti di jalan berelevasi. Pada mobil tes yang kami coba di IIMS, fitur ini belum terpasang. Namun pihak Wuling menjanjikan fitur ini ada di unit yang dikirim ke konsumen. Tekanan angin pada ban juga bisa terpantau di layar.
Seperti Almaz, Alvez varian EX juga bisa dioperasikan melalui aplikasi MyWuling+ di ponsel. Sehingga, beberapa fungsi mobil bisa diaktifkan dari jarak jauh, seperti menghidupkan/mematikan mesin, AC, mengunci dan membuka kunci pintu, serta mendeteksi lokasi parkir.
Fitur-fitur tersebut tersemat di mobil dengan harga Rp 295 juta. Bisa dibilang, Wuling Alvez tipe EX menjadi pintu gerbang perkenalan pada fitur modern mobil masa kini. Dengan harga segitu, kapan lagi bisa memberi perintah lewat suara pada mobil, “Halo Wuling, buka sunroof….”(HEI)
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Bagian belakang Wuling Alvez diimbuhi lampu LED dan ornamen krom di bagian bemper bawah. Kaca belakangnya dilengkapi wiper tapi tanpa penghilang kabut (defogger).