Citroen C3 adalah model SUV yang baru diluncurkan. Mulai dari transmisi sampai pengaturan kaca spion dilakukan secara manual. Mobil ini akan bersaing di ceruk harga mobil Rp 200 jutaan yang cukup ramai.
Oleh
HERLAMBANG JALUARDI
·4 menit baca
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Mobil Citroen C3 adalah mobil SUV kelas pemula bertansmisi manual yang dijual di kisaran harga Rp 225 juta sampai Rp 236 juta tergantung dari warna dan kelengkapan aksesorinya. Foto diambil di kawasan BSD City, Tangerang Selatan, Banten, pada Rabu (25/1/2023).
Mobil Citroen C3, satu dari tiga model Citroen yang bakal diluncurkan di Indonesia tahun ini, enak juga dikendarai. Mobil SUV berukuran subkompak ini cocok untuk yang baru pertama membeli mobil, berkelana di pinggiran kota besar, dan yang suka transmisi manual. Varian paling mahalnya âhanyaâ Rp 236 juta.
Kompas mencoba mengemudikan Citroen C3 pada Rabu (25/1/2023) di seputar BSD City, Tangerang Selatan, Banten. Waktunya tak panjang; hanya 15 menit mengelilingi jalanan yang relatif lengang, beraspal mulus, dan melewati beberapa jebakan kecepatan (speed trap) itu.
Mobil yang dipakai berwarna abu-abu platinum monotone alias warna bodi dan atapnya sama. Mesinnya tiga silinder berkapasitas 1,2 liter dengan tenaga maksimum 81 HP dan torsi puncak 115 Nm. Tenaga itu disalurkan transmisi manual 5 percepatan ke roda depan.
Begitu dinyalakan, suara nyaring khas mesin tiga silinder langsung terdengar dari luar. Namun, begitu pintu dan jendela tertutup rapat, suara nyaring itu lamat-lamat terdengarnya. Apalagi begitu kopling diinjak dan masuk gigi satu, getaran dan suara nyaringnya makin hilang.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Tuas transmisi manual 5 percepatan pada Citroen C3. Terlihat pula bentuk kenop putar pengatur udara di dasbor.
Begitu keluar dari area parkir, kami langsung menekan pedal gas lumayan dalam. Tenaga bawah mesin ini cukup besar sehingga menghasilkan akselerasi yang cukup kuat. Kami lupa kalau ini adalah transmisi manual yang perlu mengganti gigi jika putaran mesin meninggi.
Tak seperti kebanyakan mobil, panel instrumen Citroen C3 ini tak dilengkapi takometerâcuma spidometer berupa angka digital. Walhasil, pengemudi tak tahu putaran mesinnya berapa RPM. Penunjuknya, selain dari raungan mesin, adalah angka posisi gigi yang tertera di atas angka kecepatan. Jika sudah saatnya ganti gigiâbaik menaikkan atau menurunkanâada peringatan suara dan tanda segitiga: segitiga ke atas berarti anjuran untuk menaikkan gigi, begitu pula sebaliknya.
Penggantian gigi transmisi dimudahkan dengan kopling yang relatif empuk. Menggeser posisi tuas transmisi juga ringan. Rasio transmisinya sepertinya cukup pendek sehingga di kecepatan sedang, tangan kiri Anda akan cukup sibuk memainkan tuas transmisi. Jika sudah melaju cukup kencang, gigi 4 pun rasanya kurang panjang sehingga harus mengganti ke gigi 5.
Namun, jangan terlalu khawatir mesin akan mati ketika tidak seimbang memainkan pedal kopling dan gas saat mengganti gigi. Teknologi transmisi mobil ini rasanya pas bagi mereka yang baru belajar menyetir mobil manual. Penggantian giginya tak menyusahkan.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Mobil Citroen C3 dibekali mesin tiga silinder berkapasitas 1,2 liter. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 81 HP dengan torsi maksimum 115 Nm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan ke roda depan.
Penggunaan transmisi manual dianggap lebih irit bahan bakar. Citroen mengklaim konsumsi bahan bakar mobil ini mencapai 19 kilometer per liter. Angka sesungguhnya baru bisa didapat ketika menguji C3 lebih lama dan lebih jauh.
Dari sisi pengendalian, setir mobil terasa cukup presisi dengan radius putar yang relatif kecil. Berkelit di kelokan akan sedikit membuat limbung, tergantung berapa kecepatannya. Rasa limbung itu bisa jadi disebabkan suspensinya yang relatif empuk. Di lain sisi, suspensi yang empuk itu terasa nyaman ketika melewati gundukan âpolisi tidurâ.
Jargon Citroen yang menjanjikan âkenyamanan berkendara layaknya karpet terbangâ cukup mewujud pada mobil ini. Namun, jika melintasi permukaan jalanan kasar dengan kecepatan menengah, bantingannya terasa lebih kaku.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Panel jingga bertekstur membuat dasbor Citroen C3 tampak segar.
Sebagian besar panel interior Citroen C3 terbuat dari plastik keras. Namun, pemasangan antarpanelnya terbilang rapi sehingga tak menimbulkan suara-suara berderak saat mobil terguncang-guncang. Panel jingga pada dasbornya lumayan menyegarkan mata meski beberapa aspek pada desainnya tergolong kuno.
Pengaturan udara, misalnya, dioperasikan dengan kenop putar berdiameter lebih besar daripada koin. Pengaturan kaca spion samping dilakukan dari dalam lewat tuas kecil secara manual. Pengemudi harus meminta tolong penumpang depan untuk mengatur spion kiri.
Hal modern di kabin mobil ini adalah layar informasi di tengah dasbor. Layar sentuh itu sudah bisa mengoperasikan aplikasi Android Auto dan Apple CarPlay dengan kabel. Ia juga bisa menerima sambungan Bluetooth. Ketika mundur, layar menampilkan pandangan dari kamera belakang.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Kokpit Citroen C3 dilengkapi layar informasi di tengah dasbor. Tampak pada bilah kiri setir sejumlah ruang bagi tombol yang tidak digunakan.
PT Indomobil Wahana Trada mulai memasarkan Citroen C3 di harga Rp 225 juta (on the road Jabodetabek) untuk varian bodi monotone dengan pilihan warna polar white, zesty orange, platinum grey, dan steel grey. Versi warna duotone dibanderol Rp 231 juta. Warna duotone dengan tambahan aksesori seperti pelindung bodi samping, spoiler kaca belakang, dan bingkai lampu kabut, harganya Rp 236 juta.
Tiga pilihan itu hanya dibedakan oleh warna dan kelengkapan aksesori. Sementara mesinnya sama dan transmisinya manual juga. Di India, tempat mobil ini diproduksi, ada varian mesin berturbo dengan transmisi 6 percepatan. Baru-baru ini pun diluncurkan versi elektrik mobil ini bernama e-C3.
Untuk sekarang, inilah C3 yang ditawarkan Citroen. Namun, kemungkinan memasukkan varian lain selalu terbuka tergantung dari respons pasar. âMungkin nanti ada juga versi transmisi otomatisnya,â kata Herry Noverino dari Indomobil. Citroen C3 akan bersaing dengan Nissan Magnite, Kia Sonet, Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Honda WR-V.
KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI
Varian lain Citroen C3 dengan warna bodi dan atap berbeda (duotone) dipasarkan dengan harga Rp 231 juta hingga Rp 236 juta, tergantung kelengkapan aksesorinya.