All New Honda WR-V, Jagoan Baru Honda di Segmen SUV Kecil
Ini pertama kalinya Honda WR-V terbaru ini diluncurkan di dunia. Kami melakukan pengembangan dan studi terkait mobil ini untuk konsumen Indonesia. Indonesia menjadi negara pertama untuk proses R&D.
Oleh
DAHONO FITRIANTO
·4 menit baca
Persis seperti diprediksi Kompas hampir setahun silam, Honda akhirnya mewujudkan mobil konsep Honda SUV RS Concept menjadi mobil produksi massal bernama Honda WR-V. Mobil urban ini siap meramaikan segmen pasar SUV kecil di Tanah Air.
Peluncuran global atau world premiere Honda WR-V generasi kedua ini dilakukan di Mal Senayan Park, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022) lalu. Berbeda dengan generasi pertamanya yang didasarkan pada platform Honda Jazz dan tidak dipasarkan di Indonesia, generasi kedua WR-V ini berbagi platform dengan Honda BR-V terbaru dan dibuat berdasarkan studi intensif pengguna mobil di Indonesia sejak awal.
Kotaro Shimizu, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam sambutannya mengatakan, ”Honda WR-V dirancang dan dikembangkan melalui riset dan pengujian yang langsung dilakukan di Indonesia untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia. Dengan berbagai keunggulan dibandingkan model lain di kelasnya, mulai dari desain yang sporty, performa mesin terbesar, ground clearance tertinggi, hingga teknologi keselamatan terdepan, model ini dipersembahkan untuk orang-orang yang memiliki semangat untuk unggul dan akan membawa mereka menjadi pemenang dalam kehidupannya.”
Yusak Billy, Business Innovation and Marketing Director PT HPM, menambahkan, Honda WR-V terbaru ini diluncurkan perdana di Indonesia karena melihat pertumbuhan segmen SUV yang sangat pesat di Tanah Air. Khusus segmen small SUV yang baru mulai ada tahun 2021, sudah lebih dari 30.000 mobil berbagai merek terjual hingga saat ini.
”Ini pertama kalinya Honda WR-V terbaru ini diluncurkan di dunia. Kami melakukan pengembangan dan studi terkait mobil ini untuk konsumen Indonesia. Indonesia menjadi negara pertama untuk proses R&D (riset dan pengembangan),” tutur Billy dalam sesi tanya jawab seusai peluncuran resmi All New Honda WR-V.
Seperti diduga sebelumnya juga, Honda meluncurkan WR- V ini untuk melawan secara langsung rival-rivalnya yang lebih dulu mengaspal di segmen SUV kecil, seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, dan Kia Sonet.
Sebelumnya, Honda mulai menggoda pasar dengan meluncurkan mobil konsep Honda SUV RS Concept pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, 11 November 2021. Pada GIIAS 2022, Agustus lalu, PT HPM menampilkan versi berbalut stiker kamuflase dari mobil konsep itu yang diletakkan di dalam kotak kaca. Akhirnya, hampir setahun sejak diperkenalkan, SUV RS Concept resmi menjelma menjadi All New Honda WR-V.
Perbedaan detail
Walau secara keseluruhan tak ada perbedaan bentuk dasar antara versi produksi massal ini dengan mobil konsepnya, tetap ada beberapa perbedaan pada detail desain antara keduanya. Motif kotak-kotak futuristik dan lampu depan sipit dan full LED pada mobil konsep digantikan gril yang menyerupai gril Honda HR-V RS Turbo dan lampu utama yang berbentuk lebih sederhana.
Desain lampu futuristik di bagian belakang SUV RS Concept yang memanjang dari ujung ke ujung juga digantikan dengan desain lampu belakang yang lebih konvensional. Sekilas, lampu belakang ini menyerupai lampu belakang pada BR-V atau Honda City. Alhasil, versi produksi massal ini menjadi lebih bersahaja dan terlihat biasa-biasa saja, walau tampak lebih sporty dan modern dibanding para pesaingnya.
Secara dimensi, sosok WR-V ini juga tak jauh beda dengan rival-rivalnya. Mobil ini memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm. Jarak antarsumbu rodanya (wheelbase) 2.485 mm, dengan tinggi kolong (ground clearance) 220 mm.
Seluruh varian Honda WR-V yang baru diluncurkan ini mengusung mesin bensin berkode L15ZF dengan empat silinder, DOHC, dan berkapasitas 1.5 liter (1.498 cc). Mesin yang juga dipasang di Honda BR-V, Honda HR-V, dan Honda City ini mengeluarkan tenaga maksimum 121 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm.
Menurut Poychat Ua-arayaporn, Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co Ltd yang berbasis di Thailand, meski tenaga mesin di atas kertas sama, ada perbedaan setting pada mesin dan transmisi di WR-V yang membuatnya lebih responsif di jalanan.
Saat mendapat kesempatan kendara perdana melintasi Jalan Gerbang Pemuda di Senayan, Rabu petang, terasa bagaimana mobil ini lincah dikendalikan dengan rasa setir yang ringan. Akselerasi terasa bersahaja khas CVT, meskipun tenaga mobil sudah lebih dari cukup untuk pemakaian dalam kota. Kekedapan kabin cukup baik dan suspensi mobil juga meredam guncangan polisi tidur dengan baik, walau tidak terlalu empuk.
Saat ini, Honda WR-V dipasarkan dalam tiga varian yang semuanya menggunakan transmisi CVT untuk menyalurkan tenaga ke roda depan. Tiga varian itu adalah tipe E CVT (harga Rp 271.900.000), tipe RS CVT (Rp 289.900.000), dan tipe RS CVT with Honda Sensing (Rp 309.900.000). Semua harga dalam kondisi on the road di wilayah Jakarta dan untuk kendaraan dengan nomor rangka (VIN) tahun 2022.
Yusak Billy menambahkan, mobil baru ini akan mulai diproduksi di Indonesia pada awal Desember 2022. Hingga akhir tahun, pihaknya merencanakan memproduksi 1.700 unit mobil untuk langsung diserahkan ke konsumen. Sementara sepanjang tahun depan, PT HPM menargetkan pemesanan sebanyak 30.000 kendaraan. ”Ada rencana ekspor tahun depan, tetapi ke mana tujuan ekspornya dan berapa jumlahnya akan kami umumkan kemudian,” ujar Billy.