PT Astra Honda Motor meluncurkan New CBR250RR di Indonesia sebagai negara pertama sekaligus basis produksi motor tersebut.
Oleh
RIZA FATHONI
·5 menit baca
KOMPAS/RIZA FATHONI
Pebalap Astra Honda Racing Team, Andi Gilang, mengendarai New CBR250RR saat peluncuran motor tersebut di Plant AHM Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022).
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan sepeda motor New Honda CBR250RR dengan mengadopsi karakter kelas lightweight supersport dalam keseluruhan desain bodi, fitur, dan performa mesin. Indonesia sebagai negara basis produksi motor tersebut menjadi negara pertama yang memperkenalkan produk terbaru pengembangan model CBR250RR sebelumnya.
Perkenalan motor baru ini dilakukan di pabrik PT AHM Plant 4 Karawang. Jawa Barat, tempat perakitan motor tersebut, Senin (19/9/2022). Motor kelas sport ini dikembangkan dengan tetap mengusung konsep Total Control sebagai DNA CBR Series yang kini mengusung slogan Pride in Every Ride.
Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan, motor berperforma tinggi menjadi impian para pencinta sepeda motor di Indonesia. ”Keahlian putra-putra bangsa di pabrik AHM Karawang menjadi penentu utama kualitas motor supersport CBR250RR yang telah diekspor ke mancanegara dan menjadi bagian kebanggaan negeri ini,” ujar Loman.
KOMPAS/RIZA FATHONI
Dari kiri: Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, President Director AHM Keiichi Yasuda, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman, dan Marketing Director AHM Tetsuya Komine dalam sesi foto saat peluncuran New CBR250RR di Plant AHM Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022).
Kapasitas produksi terpasang pabrik tersebut mencapai 40 unit per hari atau 9.000 unit per tahun. Pabrik ini juga merakit berbagai model lain Honda, seperti CBR150R, CB150R, CB150X, Verza, dan skutik Beat. PT AHM merencanakan 2.500 unit New CBR250RR per tahun untuk pasar domestik dan separuhnya lagi akan diekspor secara utuh (CBU) ke negara-negara di Asia, seperti Thailand dan Malaysia, dan komponen lengkap motor ke Jepang.
Konstribusi pasar motor sport sendiri di Tanah Air, meskipun relatif kecil, yakni sebesar 5-6 persen, terus ada dan berkembang karena konsumen yang naik kelas. Pasar ini dijaga PT AHM agar tetap bergairah dengan penyegaran produk kelas dream bike seperti ini.
ARSIP PT AHM
Proses perakitan mesin New CBR250RR di bagian khusus pabrik PT Astra Honda Motor Plant 4, Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022).
Pada beberapa bagian, teknologi mesin motor baru ini mengadopsi tingkat akurasi, seperti motor-motor varian big bike Honda di pabrik Jepang. Saat awak media mengikuti sesi kunjungan pabrik untuk melihat perakitan motor, sektor mesin ini memang mendapat perlakuan khusus, yaitu dirakit oleh 12 tenaga pilihan di ruangan kaca tertutup dengan tekanan udara yang dijaga.
Hal ini untuk menghindari kontaminasi partikel debu, rambut, atau benda lain karena komponen pada mesin motor performa tinggi yang menuntut kualitas prima dan sangat sensitif jika terganggu.
ARSIP PT AHM
Proses perakitan New CBR250RR di pabrik PT Astra Honda Motor plant 4, Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022).
Peningkatan performa
New CBR250RR dengan varian SP dan SP Quick Shifter dibekali mesin baru berkapasitas 250cc 2 silinder DOHC 8 katup yang sudah melalui peningkatan kompresi mesin pada ruang pembakaran. Selain itu juga terjadi perubahan pada ukuran gear ratio yang meningkatkan performa saat berkendara. Perubahan lebih lanjut pada kepala silinder, kem dan ring piston juga menghasilkan output tenaga yang kini meningkat menjadi 31 kW (42 PS) pada 13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm pada 11.000 rpm.
KOMPAS/RIZA FATHONI
Mesin baru New CBR250RR.
Klaim dari produsen, motor hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200 meter dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 175 kilometer (km) per jam. Catatan waktu ini menempatkan varian terbaru CBR tersebut sebagai standar performa tertinggi di kelas supersport 250cc dua silinder.
Dimensi bodi New CBR250RR semakin lebar pada keseluruhan tampilan eksterior. Bertema Speedy Shape, karakter potongan-potongan tajam pada lekukan bodi menambah kesan agresif. Desain bodi model baru ini diklaim memberikan kontribusi pada kemudahan pengendalian saat melakukan manuver. Bobot ringan dari New CBR250RR juga memberikan kemudahan bagi pengendaranya untuk menikmati pengalaman bermanuver yang lebih baik.
KOMPAS/RIZA FATHONI
Penampilan baru New CBR250RR.
Fitur baru
Suspensi depan Separated Function Fork-Big Piston (SFF-Big Piston) inverted pada New CBR250RR ini diperbarui dengan piston yang lebih besar dan setingan pernya juga diubah agar redaman lebih lembut. Selain itu juga disematkan fitur lampu hazard untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama yang berada di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.
KOMPAS/RIZA FATHONI
Suspensi inverted SFF-BP New CBR250RR.
Pada varian New CBR250RR SP Quick Shifter, fitur quickshifter telah disematkan sejak model sebelumnya guna mengoptimalkan perpindahan gigi transmisi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan memungkinkan pergantian gigi tanpa menarik tuas kopling. Fitur ini identik dengan fitur pada motor balap MotoGP.
Dengan fitur ini, pengendara juga dapat menikmati akselerasi yang lebih responsif tanpa jeda melepas gas dan menarik kopling saat pemindahan gigi. Terdapat empat mode quickshifter yang dapat disesuaikan pada New CBR250RR, yaitu mode yang mengaktifkan quickshifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, untuk menaikkan gigi saja, untuk menurunkan gigi saja, dan mode quickshifter off.
Selain quickshifter, fitur assist/slipperclutch juga hadir pada varian New CBR250RR SP dan SP Quick Shifter. Slipper clutch berfungsi untuk mengurangi risiko engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem sehingga dapat mencegah ban belakang selip serta menambah kenyamanan berkendara. Pengendara juga dapat merasakan pengoperasian kopling yang lebih ringan. Fitur Anti-lock Brake System (ABS) melengkapi fitur keselamatan CBR250RR SP.
KOMPAS/RIZA FATHONI
Dasbor New CBR250RR.
Seluruh varian CBR250RR juga telah menggunakan teknologi throttle by wire yang menjadi pendobrak standar baru saat Honda CBR250RR pertama kali diluncurkan. Throttle bywire menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi. Fitur ini dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan, mulai berkendara secara agresif di sirkuit hingga bermanuver di jalanan padat perkotaan.
AHM menghadirkan warna baru untuk New CBR250RR varian SP, yakni Mystique Blue, yang dipasarkan dengan harga Rp 75.150.000. Adapun untuk varian SP Quick Shifterhadir dengan warna baru Bravery Red Blackyang dibanderol Rp 79.200.000 dan Rp 79.800.000 untuk warna Honda Racing Reddan Tri Color.
Adapun varian standar paling bawah, yaitu New CBR250RR, hadir dengan dua pilihan warna, yakni Black Freedom dan Mat Gunpowder Black Metallic, dipasarkan mulai dari harga Rp 62.850.000. Semua harga dalam kondisi on the road di DKI Jakarta. Unit sudah dapat dipesan dan konsumen akan mulai menerima motor baru ini di awal Oktober.