Indonesia Fashion Chamber (IFC) kembali membawa sejumlah desainer untuk menampilkan karyanya di kota Paris pada akhir pekan ini, yaitu 3 dan 4 September 2022.
Oleh
RIANA A IBRAHIM
·3 menit baca
Indonesia Fashion Chamber (IFC) kembali membawa sejumlah desainer untuk menampilkan karyanya di kota Paris pada akhir pekan ini, yaitu 3 dan 4 September 2022. Bertajuk Front Row Paris 2022, ajang ini tak hanya sekadar menggelar pertunjukan, tapi juga ingin merambah pasar internasional.
Ajang ini sebenarnya bukan pertama kali dilakukan komunitas mode ini. Pada 2018 dan 2019, acara ini bertajuk La Mode sur La Seine à Paris. Kegiatan itu pun terhenti akibat pandemi. Kali ini, hadir lagi tapi dengan perubahan nama sejalan dengan tujuannya tak lagi hanya Paris, tapi juga dapat diselenggarakan di kota lain untuk memperluas pasar.
Akan tetapi, konsep Front Row Paris ini masih mengadopsi acara yang telah berjalan dua tahun berturut-turut itu. Pertunjukan mode yang diselenggarakan di atas kapal pesiar Bateau Chansonnier yang akan menyusuri Sungai Seine dari Port Debilly dengan pemandangan yang menunjukkan juga Menara Eiffel. Ini akan dilaksanakan pada hari pertama.
Selanjutnya pada hari kedua, kegiatan digelar di sebuah tempat bernama la Galerie Bourbon. Selain fashion show, akan dihadirkan juga pop up store di Paris untuk menawarkan karya para desainer ini. Di sini, target yang disasar adalah buyer dalam tataran global dan juga media internasional.
”Kami tentu berharap event Front Row Paris dapat memberikan hasil lebih optimal, karena ini kegiatan ketiga kalinya yang kami selenggarakan di kota Paris. Diharapkan semakin banyak media dan buyer dari negara-negara di Eropa yang hadir dan membuka peluang kerja sama bisnis ke depannya dengan para desainer Indonesia. Melalui kegiatan ini, para desainer Indonesia dapat melihat langsung dan mempelajari kebutuhan produk fashion di pasar Eropa,” National Chairman Indonesian Fashion Chamber, Ali Charisma, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (23/8/2022).
Kali ini, ada 17 desainer dan jenama yang akan turut berpartisipasi dalam perhelatan ini. Antara lain, Deden Siswanto, Lisa Fitria, Lenny Agustin, NY by Novita Yunus, Rose.Ma.Lina x Sofie, Phillip Iswadono, Roemah Kebaya Vielga, LAELYIND, Putri Anjani by Pranaliving, BBPPMV BISPAR x SMKN 3 Malang, Nura Boutique by Oewi Wahyono, Nina Nugroho, Mida Gita Fitria, Hikmat Fashion, ISWI Fashion Academy, Tenun Gaya by Wignyo, dan juga Ali Charisma sendiri.
Seluruh partisipan tersebut akan menampilkan koleksi busana konvensional hingga busana muslim dengan keragaman konten lokal sesuai tren global dan menerapkan konsep sustainable fashion yang sedang menjadi perhatian mode dunia.
Setiap jenama ini memang memiliki khas. Seperti Tenun Gaya yang identik dengan wastra. Ada juga Lenny Agustin yang terkenal dengan konsep desain ceria dan warna-warni berkonsep modern. Sementara itu, Nina Nugroho cenderung mengedepankan busana muslim yang diperuntukkan bagi perempuan bekerja atau situasi formal tapi tetap chic.
Sebelum berangkat, para desainer ini lebih dulu menggelar preview karya yang akan dibawa lewat trunk show yang diadakan di Westin Hotel, Jakarta, pada 23 Agustus lalu. Di sini, setiap desainer menghadirkan dua atau tiga tampilan dari koleksi yang dibawanya ke Paris. Mereka juga berkesempatan menjelaskan koleksi tersebut.
Sesuai dengan niatannya, rombongan desainer ini langsung melakukan tur ke sejumlah kota. Setelah dari Paris, mereka akan menuju kota Brussels dan Amsterdam. Di sana, mereka akan mengunjungi museum dan distrik mode yang berkaitan dengan sejarah mode dunia. Keseluruhan kegiatan ini akan berakhir pada 5 September 2022.
”Biasanya diselenggarakan bertepatan dengan Paris Fashion Week. Tapi dari pengalaman yang ada, justru susah menjaring buyer karena padat sekali agenda saat pekan mode itu. Jadi, kami sengaja pilih jadwal yang berbeda agar tidak berebut perhatian juga,” ungkap Ali.
Ajang ini mendapatkan dukungan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) Republik Indonesia.