logo Kompas.id
Gaya HidupPanggung untuk Ilustrator Lokal

Panggung untuk Ilustrator Lokal

Perusahaan mode SOVLO mengajak ilustrator lokal bekerja sama. Karya para ilustrator dicetak menjadi banyak produk mode.

Oleh
Soelastri Soekirno
· 1 menit baca
Memuat data...
ARSIP SOVLO

Berbagai barang bergambar ilustrasi karya ilustrator Indonesia yang diproduksi oleh SOVLO, perusahaan fashion. Perusahaan itu mengajak ilustrator Tanah Air berkolaborasi untuk menampilkan karya mereka.

Pandemi menambah berkah bagi ilustrator Tanah Air. Mereka kini punya panggung baru untuk menampilkan karya. Panggung itu bernama SOVLO, perusahaan mode yang mengajak mereka bekerja sama. Ilustrator mengirimkan karya, perusahaan itu mencetaknya ke aneka benda yang dipasarkan di toko dan lewat pedagang. Sebanyak 15 ilustrator dari Aceh, Jakarta, Malang, Surabaya, dan Yogyakarta sudah bergabung. Karya mereka mewujud dalam tas jinjing, kemeja, bantal, sampai ransel.

SOVLO yang mengkhususkan diri membuat suvenir lokal lahir tahun 2020 untuk mencari solusi dari kondisi usaha yang lesu karena pandemi. Pada awalnya, perusahaan itu memproduksi merchandise yang lucu dan aneka suvenir pernikahan. Pandemi yang makin menghebat membuat usaha yang berjalan baik tersendat, padahal ada 40 penjahit bekerja di sana. Belum lagi karyawan lain. Pengelola perusahaan lalu mengubah jenis produk menjadi produk fashion siap pakai seperti tas tangan, tas jinjing (tote bag), beragam jenis dompet, dan lini pakaian.

Editor:
Maria Susy Berindra
Bagikan