Menjelajah Lebih Jauh dengan Isuzu D-Max dan Mu-X Baru
Terselip di antara gemerlap mobil-mobil penumpang di GIIAS 2021, Isuzu meluncurkan All New Isuzu D-Max berbentuk kabin ganda dan All New Isuzu Mu-X bermodel SUV 7 tempat duduk. Ada berbagai pembaruan, termasuk mesin.
Oleh
HERLAMBANG JALUARDI
·4 menit baca
Selain memamerkan mobil-mobil perkotaan, ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (2021) juga menghadirkan mobil tangguh segala medan. Isuzu resmi mengenalkan dua mobil perkasa mereka di pameran, yaitu seri terbaru pikap kabin ganda Isuzu D-Max, dan SUV besar penumpang Mu-X 4x4.
”Kami mencoba mendekatkan ke konsumen di area tambang, dan sejenisnya,” kata Yohanes Pratama, Chief Operating Officer PT Astra International-Isuzu Sales Operating, dalam siaran pers yang diterima pada Kamis (18/11/2021). Pernyataan itu terwujud dalam dua bentuk mobil yang sama-sama besar dan panjang.
All New Isuzu D-Max benar-benar terlihat superior dengan dimensi panjang sekitar 5,2 meter, dengan lebar 1,8 meter. Tinggi keseluruhan mobil dari tanah hingga atap mencapai 1,7 meter. Tinggi kolong (ground clearance) sekitar 235 milimeter. Velg berdiameter 17 incinya dibalut ban berukuran 255/65R17. Tampilannya makin gahar jika memakai ban permukaan lumpur (mud terrain, M/T).
Unit D-Max yang dipamerkan di booth Isuzu berwarna jingga terang, yang diberi nama Valencia Orange. Tampilan itu diperkuat dengan desain gril terbaru yang besar, dengan aksen kembar keperakan melintang vertikal seperti taring. Ukuran gril ini lebih besar dibandingkan dengan D-Max edisi 2016. Tambahan winch pada bagian bemper depan makin meyakinkan bahwa mobil ini bisa diajak menjelajahi area tak terduga.
Isuzu mengklaim mobil ini bisa ”berendam” dalam genangan air hingga ketinggian 80 sentimeter, atau 10 cm lebih dalam dibandingkan dengan Toyota Fortuner. Kemampuan ini memungkinkan D-Max menyeberangi sungai, tentu dengan batas kedalaman yang disarankan.
Dapur pacunya menggunakan mesin diesel berkode RZ4E-TC dengan kapasitas 1.898 cc. Kapasitas mesin ini menyusut dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu 2.499 cc. Meski begitu, produksi tenaganya justru membesar menjadi 150 PS pada putaran mesin 3.600 rpm, dengan torsi puncak 350 Nm pada putaran 1.800-2.600 rpm. Mesin itu telah dilengkapi teknologi turbo yang diatur secara elektrik.
Daya dari mesin tersebut tersalurkan melalui transmisi manual enam percepatan. D-Max hanya ada versi transmisi manual. Isuzu Mu-X juga menggunakan mesin yang sama, pun berpenggerak empat roda (4x4). Namun, Mu-X didatangkan dengan transmisi tiptronic otomatis enam percepatan.
Dengan jarak antarroda depan dan belakang 3,1 meter, ruang dalam kabin terasa lega. Kabin depan D-Max sudah barang tentu mumpuni dihuni. Pertaruhan mobil kabin ganda adalah kelegaan di kabin baris keduanya. Duduk di baris belakang D-Max tergolong lega. Penumpang dengan tinggi 169 cm tidak merasa kesempitan, baik di bagian lutut, ataupun ruang kepala.
Interior D-Max juga menyediakan banyak ruang penyimpanan, yang dimaksudkan untuk menaruh perlengkapan, seperti perkakas kerja, sarung tangan, ataupun rompi. Setiap pintu juga dilengkapi wadah penyimpanan yang bisa menampung botol minum berukuran 1,5 liter.
Joknya, depan dan belakang berbahan kain, terasa nyaman diduduki. Posisi menyetir terbaik gampang diatur karena roda kemudinya bisa disesuaikan naik-turun dan maju-mundur (teleskopik). Kenyamanan makin ditambah dengan kelengkapan layar hiburan berukuran 7 inci yang tersemat kokoh di dasbor.
Bak terbuka di sisi belakang berukuran panjang sekitar 1,5 meter. Lantai dan sisi dinding bagian kargo ini dilapisi material plastik bertekstur kasar untuk melindungi gesekan langsung barang bawaan dengan bodi mobil.
Sementara All New Isuzu Mu-X diklaim stabil dan tidak limbung ketika berbelok meski bodinya tinggi dan besar. Hal itu sebagai dampak penggunaan desain baru coil spring suspension dengan teknologi five link sehingga, menurut Yohanes, Mu-X ini pantas dipakai sebagai kendaraan operasional pekerja tambang, perkebunan, atau sejenisnya.
Fitur pengereman D-Max, juga Mu-X terbilang canggih. Kedua mobil ini dilengkapi dengan fitur ABS (anti-lock braking system), EBD (electronic-brake force distribution), dan BA (brake assist). Sedangkan pada faktor pengendalian, mobil dilengkapi dengan fitur kontrol stabilitas, sistem pengaturan traksi, juga hill start assist dan hill descent control yang bermanfaat di tanjakan dan turunan.
All New D-Max varian tertinggi, diberi nama Rodeo, dijual dengan harga Rp 459,8 juta, sedangkan All New Mu-X Rp 559,8 juta. Semua harga dalam kondisi on the road di DKI Jakarta. Pramuniaga di booth Isuzu pada perhelatan GIIAS 2021 menyebutkan, unit mulai akan dikirim pada trimester I-2022. (HEI)