logo Kompas.id
Gaya HidupMengapa Google Membuat Cip Sendiri untuk Ponselnya?

Mengapa Google Membuat Cip Sendiri untuk Ponselnya?

Kehadiran Google lewat Tensor membuat persaingan industri ponsel kian ketat. Tensor jadi senjata baru Google untuk bersaing dalam penjualan ponsel dunia. Apakah Google mampu menyodok dominasi Samsung, Apple, dan Xiaomi?

Oleh Prasetyo Eko Prihananto
· 1 menit baca
Memuat data...
GOOGLE

Google meluncurkan ponsel terbaru, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, yang ditenagai SoC bikinan sendiri, Tensor, Oktober lalu. Google memasuki persaingan pembuatan prosesor ponsel dengan peluncuran Tensor.

Satu-satunya sektor Google bisa dibilang gagal menaklukkan dunia teknologi adalah dalam hal pembuatan perangkat keras telepon genggam meskipun perusahaan ini menguasai bagian perangkat lunaknya melalui sistem operasi Android. Penjualan ponsel cerdas dunia dikuasai oleh tiga raksasa, Samsung, Apple, dan Xiaomi.

Berbagai upaya dilakukan Google untuk merebut pangsa pasar penjualan ponsel. Awalnya mereka meluncurkan ponsel Nexus diikuti kemudian dengan Pixel. Dua ponsel itu belum mampu mengangkat nama perusahaan yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat, itu ke jajaran atas penjualan perangkat.

Editor:
Bagikan