logo Kompas.id
Gaya HidupInvestasi di Bidang Film
Iklan

Investasi di Bidang Film

Penggunaan film bermutu di satuan pendidikan akan memupuk kebiasaan menonton dan memahami film lebih dari sekadar hiburan di waktu senggang.

Oleh
Hilmar Farid
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/WeVLnmWBhFXbYFIz6pMK12ArEYo=/1024x1350/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F11%2F20211113-Ilustrasi-Sketsa-Investasi-Di-Bidang-Film_CLR_1636731493.jpg

Membaca rangkaian tulisan Lisabona Rahman, Ifa Ifansyah, dan Meiske Taurisia yang dimuat berturut-turut di harian ini saya teringat tulisan lama Sjumandjaja dari tahun 1977. Judulnya menggelegar: ”Di Tangan Borjuis Kelontong, Film Hanya Barang Dagangan.” Dalam tulisan itu ada satu pernyataan yang sangat penting dan relevan dengan kondisi kita sekarang, yaitu bahwa di Indonesia ”investasi di bidang film tidak ada”. Pernyataan yang separuh benar tapi tetap relevan.

Dalam tulisan ini saya ingin membahas apa yang sudah, sedang, dan masih perlu dilakukan terkait investasi di bidang film, sekaligus menanggapi ketiga tulisan yang saya sebutkan di awal. Investasi yang dimaksud di sini bukan hanya pembiayaan satu atau dua proyek film, tapi investasi di bidang film secara keseluruhan, dari hulu sampai hilir, dari penciptaan sampai distribusi dan ekshibisi film. Atau dalam bahasa yang belakangan sering dipakai: ekosistem film.

Editor:
Mohammad Hilmi Faiq
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000