Pameran otomotif tahunan ini kembali di gelar masa pandemi, juga ketika tren mobil mentereng bergeser dari sedan ke SUV atau MPV. Tak heran, banyak mobil unggulan berkolong tinggi dan berdimensi panjang.
Oleh
HERLAMBANG JALUARDI/DAHONO FITRIANTO/MAHDI MUHAMMAD
·6 menit baca
Tak bisa dimungkiri, ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS adalah salah satu pameran otomotif terbesar di negara ini. Di masa pandemi, kala bepergian pakai mobil pribadi dirasa lebih higienis, sejumlah merek mobil meluncurkan mobil keluarga berukuran sedang hingga besar. Meski begitu, mobil-mobil sedan tetap atraktif walau pangsa pasarnya menipis.
Merek mobil paling populer di Indonesia, Daihatsu dan Toyota, sama-sama mengenalkan generasi terbaru mobil andalan banyak keluarga, yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Fungsinya tak banyak berubah, masih cukup untuk memuat tujuh penumpang.
Harga keduanya pun mirip-mirip. Xenia terbaru dijual di rentang harga Rp 190,9 juta sampai Rp 243,9 juta untuk tipe tertinggi, sementara Toyota Avanza baru di rentang Rp 206,2 juta sampai Rp 264,4 juta. Keluarga lain Avanza, yaitu Veloz, juga muncul varian terbarunya dengan harga Rp 251,2 juta hingga Rp 291,5 juta. Semua harga itu sudah siap jalan di wilayah DKI Jakarta. Rasanya, Xenia, Avanza, dan Veloz baru ini akan tetap mempertahankan predikat mereka sebagai penguasa jalanan di Indonesia.
Mobil populer lainnya, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, juga dimunculkan. Meski berstatus penyegaran alias facelift, perubahan wajah di keluarga Xpander ini terbilang drastis. Kinerja transmisinya kini juga memakai teknologi CVT, dianggap lebih baik dibandingkan sistem AT lama yang konvensional.
Harga tujuh varian keluarga Xpander yang dirancang dan diproduksi di dalam negeri ini dijual di rentang Rp 228,03 juta sampai Rp 272,58 juta. Harga itu sudah dikorting insentif PPnBM sekitar Rp 27 juta. Sementara tiga varian Xpander Cross dengan harga kortingan ada di kisaran Rp 268,150 juta sampai Rp 291,4 juta. Harga diskon itu berlaku untuk transaksi di tahun ini.
Merek populer lainnya, Honda, juga punya andalan produk berjenis SUV tujuh tempat duduk. PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia memajang 24 mobil di booth mereka. Salah satu jenis yang menarik perhatian adalah All New Honda BR-V, yang sebenarnya sudah dikenalkan sejak September silam. Di pameran itu, harga resmi mobil berkapasitas tujuh penumpang itu baru diumumkan, yaitu mulai dari Rp 275,9 juta hingga Rp 339,9 juta, tetapi pemesanannya konon sudah mencapai 2.000 unit.
Takehiro Watanabe, Presiden Direktur PT HPM, menyebutkan, segmen nonsedan, seperti SUV dan MPV, sedang sangat bertumbuh di Indonesia. Konsumen menyukai karakter mobil yang lebih sporty menyesuaikan aktivitas dan kondisi jalan yang beragam.
Yusak Billy, Direktur Inovasi Bisnis dan Pemasaran & Penjualan PT HPM, sebelumnya mengatakan, karakter unik orang Indonesia adalah senang berpergian bersama-sama. ”Kebiasaannya memang begitu. Jadi, pasar mobil besar, SUV dan MPV, selalu ramai, bahkan sudah mengurangi jumlah pemakai sedan,” ujar Yusak.
”Bintang” lain di booth Honda adalah mobil konsep Honda SUV RS Concept. Jenis crossover SUV kompak ini kira-kira seukuran dengan Honda HR-V yang sekarang masih beredar. Meski interiornya tidak diperlihatkan, bisa ditebak mobil konsep ini berkapasitas lima tempat duduk, persis H-RV. Mencermati kecenderungan Honda belakangan ini, patut diduga bahwa mobil konsep itu bakal diproduksi massal sebagai All New Honda HR-V.
Merek Mazda yang dibawa PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) juga tengah berfokus pada produk SUV. Di booth mereka, panggung ditempati Mazda CX-5 Kuro Edition dengan warna unggulan machine grey. Edisi Kuro ini memakai aksen-aksen berwarna hitam, seperti tudung spion, pilar luar, rel atap, dan velg. Mobil berkapasitas lima penumpang ini dijual dengan harga Rp 562,2 juta, atau lebih tinggi Rp 3,4 juta dibandingkan varian GT-nya. Namun, untuk dapat warna unggulan seperti machine grey dan soul red crystal, pembeli harus menambah Rp 4 juta.
”Produk Mazda yang paling diminati saat ini adalah seri CX (model SUV), mulai dari yang kecil CX-3, medium CX-30 dan CX-5, sampai yang besar CX-8 dan CX-9. Penjualan tertingginya adalah CX-3 dan CX-5. Pada 2022 nanti, kami akan lebih fokus pada seri SUV, sejalan dengan tren global,” kata Ricky Thio, Managing Director PT EMI.
Dua pabrikan asal Korea Selatan, yaitu KIA dan Hyundai, pun punya mobil berdimensi besar andalan masing-masing. KIA mengenalkan mobil lega bernama All New Grand Carnival. Ini adalah pengganti KIA Grand Sedona yang sudah dikenal berdimensi luas. Dengan penyegaran baru ini, KIA Grand Carnival tergolong sebagai high MPV dengan kapasitas penumpang mencapai 11 orang. Mobil dengan torsi puncak 440 Nm ini dilepas dengan harga Rp 886,8 juta.
Sementara Hyundai mengenalkan produk yang benar-benar baru, Hyundai Creta, dengan fasad yang atraktif. Mobil golongan SUV kompak berkapasitas lima penumpang ini bahkan diproduksi di pabrik baru Hyundai di Karawang, Jawa Barat.
”Ini adalah buah pertama pabrik Hyundai di Indonesia. Dibuat di Indonesia, untuk Indonesia,” kata Presiden Direktur Hyundai Motor Indonesia Sung-Jong ha. Creta dilengkapi sistem keamanan terkini Hyundai dengan mesin berkapasitas 1.500 cc.
Ada empat varian Creta dengan harga relatif kompetitif. Varian terendah, yaitu Active, ditawarkan dengan harga Rp 279 juta. Adapun varian tertingginya, yaitu Prime IVT dwiwarna, dijual dengan harga Rp 399 juta. Semua harga on the road DKI Jakarta. Creta sepertinya siap menjadi penantang segmen serupa dari merek-merek mapan lain.
Pada 2021 ini, Hyundai juga agresif mengenalkan seri terbaru SUV menengah Santa Fe dan MPV premium Staria. Dua mobil ini, terutama Staria yang bertema futuristik itu, menyedot perhatian pengunjung booth Hyundai. Deretan ini menemani Hyundai Palisade, si SUV besar berkelas premium yang hadir pada 2020 silam.
Segmen SUV premium diramaikan pula oleh pabrikan Jerman, Audi. Di ajang GIIAS 2021 ini, Audi menjagokan tiga mobil dengan harga di atas 1 miliar rupiah, yaitu Audi RS 4 Avant, Audi A5 Sportback, dan yang teranyar Audi Q8—SUV lima penumpang.
Audi Q8 yang dipamerkan ini beraksen RS, tema sporty mereka. Pilihan yang masuk akal karena di balik kap mesinnya, Q8 memakai mesin V6 3,0 liter dengan torsi puncak 500 Nm. Harga dasarnya Rp 2,449 miliar (off the road). Anda masih harus menambah hingga Rp 250 juta lagi untuk mendapat aksesori RS komplet.
Segmen mobil penumpang di GIIAS 2021 ini tak cuma diisi oleh mobil berdimensi besar dan tinggi saja. Kelompok sedan, yang makin minoritas, juga masih diperhatikan. Unit All New Honda Civic RS adalah salah satu sedan yang paling banyak dimasuki pengunjung.
Merek Morris Garage (MG) juga mengunggulkan MG 5 EV berbasis sedan bertenaga listrik murni. Gaya bodi station wagon juga pantas dipakai berkendara jarak jauh. MG mengklaim, kapasitas baterai yang dipakai, yaitu 50 kWh, bisa menempuh jarak 380 kilometer berdasarkan siklus uji NEDC. Sabar, harganya belum diumumkan.
Pameran otomotif di ICE BSD City ini masih akan berlangsung hingga 21 November. Beberapa unit mobil siap dijajal rasa berkendaranya di lokasi. Namun, seperti pembelian tiket masuknya, pendaftaran uji kendara juga ditempuh lewat jalur daring. Jadi, pastikan mendaftar dulu sebelum sampai lokasi dan patuhi aturan kesehatan.