MG ZS Kembali dengan Penyegaran Tampilan dan Fitur Lebih Canggih
MG ZS baru ini juga sudah dilengkapi sistem kamera 360 derajat, yang dapat dipilih sudut pandangnya dari delapan sudut berbeda. Fitur ini sangat membantu saat mobil hendak parkir di tempat-tempat sempit.
Oleh
Dahono Fitrianto
·4 menit baca
Satu setengah tahun sejak diperkenalkan pertama kali kepada media, Maret 2020, MG ZS menjalani penyegaran tampilan dan penambahan sejumlah fitur canggih. Kompas mengajak mobil crossover SUV ini berjalan-jalan menikmati malam di Jakarta, akhir September 2021.
Dalam pandangan pertama, tampilan mobil ini langsung terlihat lebih segar. Apalagi unit tes yang dipinjamkan kepada Kompas ini berlabur cat warna merah metalik Scarlet Red membuat tampilannya lebih menggairahkan.
Yang langsung terlihat anyar adalah desain wajah SUV bermerek asal Inggris ini. Jika pada versi pra-facelift gril dan lampu utama mobil ini terlihat mirip bahasa desain Kodo-nya Mazda, kini hal itu dihindari dengan menerapkan desain baru.
Gril ZS sekarang berbentuk segi enam memanjang. Lampu utamanya yang sudah berteknologi LED juga berdesain lebih sederhana, dengan bentuk cenderung mengotak melebar ke samping. Dengan lampu siang (daytime running lights/DRL) berbentuk huruf L menyudut, seperti alis mata, desain lampu utama ZS sekarang sedikit mengingatkan pada lampu mobil-mobil terbaru Mercedes-Benz.
Perubahan desain juga tampak pada bagian buritan. Salah satunya desain lampu belakang yang lebih menonjolkan detail-detail segmen LED-nya. Bumper juga diperbarui dengan penyematan dua ”moncong knalpot” palsu. Moncong knalpot aslinya cuma ada satu dan mengarah ke bawah di balik bumper. Sementara dua moncong palsu berlapis krom itu lebih berfungsi sebagai ubahan kosmetik untuk memancing tampilan sporty.
Ubahan desain juga terlihat pada bagian velg. Jika sebelumnya MG ZS menyandang velg dengan desain palang lima, kini mobil yang dirakit di Thailand itu memakai velg berdesain seperti kapak suku-suku Indian, ”tomahawk”.
Selain menawarkan goresan-goresan desain baru, MG juga menambah varian ZS dari dua menjadi tiga. Jika pada versi sebelumnya hanya ada varian Excite dan Ignite, sekarang ada tiga varian atau trim level ZS, yakni Activate, Ignite, dan Magnify. Unit yang Kompas uji ini berasal dari trim tertinggi, yakni Magnify.
Penambahan fitur
Varian dengan harga Rp 309.800.000 (on the road, Jakarta) ini menandai lompatan MG ZS dari mobil seharga di bawah Rp 300 juta menjadi di atasnya. Tentu saja lompatan ini disertai dengan penambahan fitur-fitur baru berteknologi canggih pada varian tertinggi ini.
Begitu duduk di bangku kemudi dan memencet tombol start, terlihat panel instrumen New ZS ini sudah sepenuhnya digital. Layar kluster instrumen digital berukuran 7 inci itu menampilkan kecepatan mobil di sisi kiri dan putaran mesin di sebelah kanan, keduanya dalam bentuk tampilan angka digital.
Layar di antaranya berisi multi information display (MID), yang menampilkan informasi tekanan udara di keempat ban, jarak tempuh, durasi mesin menyala, kecepatan rata-rata, indikator kunci pintu, nyala lampu, indikator pintu terbuka atau tertutup, indikator tegangan aki, dan konsumsi BBM rata-rata. Dalam pengujian selama empat hari menempuh jarak sekitar 220 km, terlihat konsumsi BBM rata-rata New ZS ini adalah 8,5 liter per 100 km (sekitar 11,7 km per liter).
Desain dan tampilan panel instrumen dan MID ini terlihat halus dan dieksekusi dengan serius, seperti pada mobil premium.
Di tengah dasbor, layar monitor utama juga bertambah besar, dari semula berukuran 8 inci sekarang menjadi 10,1 inci dengan teknologi layar sentuh. Melalui layar ini, pengguna dapat memproyeksikan fitur-fitur di gawai melalui konektivitas Apple CarPlay ataupun Android Auto.
MG ZS baru ini juga sudah dilengkapi sistem kamera 360 derajat, yang dapat dipilih sudut pandangnya dari delapan sudut berbeda. Fitur ini sangat membantu saat mobil hendak parkir di tempat-tempat sempit.
”MG Motor Indonesia masih menjalankan misi yang sama, yaitu meredefinisi ekspektasi para penggemar otomotif di Indonesia, dan segala pembaruan yang kami suguhkan pada New MG ZS adalah pembuktiannya. Minat konsumen dunia masih begitu tinggi terhadap segmen SUV, oleh karena itu kami optimistis dengan menghadirkan New MG ZS ke tengah konsumen otomotif Indonesia,” kata Donald Rachmat, General Director MG Motor Indonesia, dalam peluncuran virtual New MG ZS ini pada 9 September 2021.
Tidak ada perubahan dapur pacu pada ZS baru ini. Mobil tetap mengandalkan mesin bensin empat silinder berteknologi DOHC dan VTi-TECH berkapasitas 1.5 liter (1.498 cc). Di atas kertas, tenaga maksimumnya 114 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi puncak 150 Nm pada 4.500 rpm.
Hanya bedanya, kini penyaluran tenaga ke dua roda depan dilangsungkan melalui transmisi CVT (continuously variable transmission) 8 tingkat percepatan. Sementara pada versi sebelumnya, penyaluran tenaga dilakukan transmisi otomatis biasa dengan 4 tingkat percepatan.
Di jalan tak terasa perbedaan signifikan penyaluran tenaga pada mode otomatis (posisi tuas transmisi di D) dibandingkan dengan ZS versi lama. Hanya saja, pada mode S (sport) yang dipadukan dengan perpindahan tingkat percepatan transmisi secara manual, terasa ”napas” tenaga mesin sedikit lebih panjang untuk diajak berlari dengan gaya agresif.
Di tengah sengitnya persaingan di segmen SUV seharga Rp 300 jutaan ke bawah, New ZS ini mencoba mempertahankan kehadiran merek MG di Tanah Air. (DHF)