logo Kompas.id
Gaya HidupSaatnya Beli Rumah, Jangka Waktu Cicilan KPR Panjang Bukan Masalah

Saatnya Beli Rumah, Jangka Waktu Cicilan KPR Panjang Bukan Masalah

Saat ini dinilai sebagai waktu yang tepat untuk beli rumah. Suku bunga acuan yang rendah menyebabkan bunga KPR juga ikut turun. Apalagi, harga properti di Jabodetabek menunjukkan karakteristik cenderung ”overvalued”.

Oleh
puteri rosalina/albertus krisna/satrio wisanggeni/fransiskus wisnu
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto udara rumah tapak di Desa Setiasih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (30/9/2021). Masa pandemi Covid-19 telah menggiring kesadaran sebagian masyarakat akan kebutuhan dasar hunian yang nyaman, sehat, dan multifungsi.

JAKARTA, KOMPAS — Perlambatan laju harga rumah dan rendahnya bunga kredit pemilikan rumah saat ini dinilai telah menciptakan iklim pasar properti yang tepat bagi pembeli baru. Angkatan kerja baru dan masyarakat berpendapatan rendah bisa memilih tenor angsuran yang panjang hingga 25 tahun dari bank konvensional ataupun produk pinjaman pemilikan rumah dari bank syariah yang memudahkan perencanaan keuangan.

Berdasarkan data House Price Index (HPI) Bank Tabungan Negara (BTN), selama 1,5 tahun terakhir (2020-2021), laju kenaikan harga rumah di Jabodetabek cenderung melambat (rata-rata naik 4,8 persen per tahun). Bandingkan dengan periode 2015-2019 yang dapat mencapai 9,7 persen per tahun.

Editor:
khaerudin
Bagikan