logo Kompas.id
Gaya HidupKepedulian Sosial dalam Balutan K-Pop untuk Dunia Lebih Baik

Kepedulian Sosial dalam Balutan K-Pop untuk Dunia Lebih Baik

Penggemar K-Pop tidak hanya menggandrungi idola mereka melalui aksi panggung dan pesona setiap artisnya. Mereka juga membawa nilai-nilai sosial yang mendorong budaya partisipatif, seperti kepedulian terhadap sesama.

Oleh MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ELSA EMIRIA LEBA

Tampilan Youtube Shorts pada sebuah ponsel pintar yang menunjukkan gambar grup asal Korea Selatan BTS, Jakarta, Jumat (23/7/2021). Youtube Shorts secara resmi meluncur di Indonesia pada 23 Juli 2021. Untuk menarik pengguna, Youtube bekerja sama dengan BTS untuk mengadakan #PermissiontoDance challenge hingga 14 Agustus 2021.

Penggemar musik populer Korea Selatan atau dikenal dengan K-Pop tidak hanya menjadi konsumen budaya di tengah peradaban. Mereka ikut berkontribusi membentuk budaya partisipatif atau aktivisme di ranah digital, dan itu juga terjadi di Indonesia.

Para penggemar tidak hanya berlomba-lomba untuk mengumpulkan foto, diskografi, atau menyukai video musik mereka di media sosial. Berbagai aksi berupa kampanye sosial, pemberian bantuan, dan kegiatan lingkungan dilakukan pada saat hari penting grup musik yang mereka gandrungi.

Editor: Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan
Memuat data..