logo Kompas.id
Gaya HidupKepedulian Sosial dalam...
Iklan

Kepedulian Sosial dalam Balutan K-Pop untuk Dunia Lebih Baik

Penggemar K-Pop tidak hanya menggandrungi idola mereka melalui aksi panggung dan pesona setiap artisnya. Mereka juga membawa nilai-nilai sosial yang mendorong budaya partisipatif, seperti kepedulian terhadap sesama.

Oleh
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/4t8aOskhOUf0KjdW4PSsMYSGQuY=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F07%2FIMG_1449_1627045121.jpg
KOMPAS/ELSA EMIRIA LEBA

Tampilan Youtube Shorts pada sebuah ponsel pintar yang menunjukkan gambar grup asal Korea Selatan BTS, Jakarta, Jumat (23/7/2021). Youtube Shorts secara resmi meluncur di Indonesia pada 23 Juli 2021. Untuk menarik pengguna, Youtube bekerja sama dengan BTS untuk mengadakan #PermissiontoDance challenge hingga 14 Agustus 2021.

Penggemar musik populer Korea Selatan atau dikenal dengan K-Pop tidak hanya menjadi konsumen budaya di tengah peradaban. Mereka ikut berkontribusi membentuk budaya partisipatif atau aktivisme di ranah digital, dan itu juga terjadi di Indonesia.

Para penggemar tidak hanya berlomba-lomba untuk mengumpulkan foto, diskografi, atau menyukai video musik mereka di media sosial. Berbagai aksi berupa kampanye sosial, pemberian bantuan, dan kegiatan lingkungan dilakukan pada saat hari penting grup musik yang mereka gandrungi.

Editor:
Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000