Kontes Modifikasi Virtual Daihatsu Kembali Digelar, Libatkan Peserta dari Malaysia
Kontes modifikasi virtual Daihatsu Dress Up e-Challenge kembali digelar di tahun ini. Untuk pertama kali, kontes ini juga akan melibatkan peserta dari Malaysia.
Oleh
Dahono Fitrianto
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Kontes modifikasi virtual Daihatsu Dress Up e-Challenge (DDeC) kembali digelar pada tahun ini. Untuk pertama kali, kontes yang akan berlangsung pada periode Oktober-Desember 2021 ini tidak hanya akan menantang para modifikator di Indonesia, tetapi juga akan melibatkan para peserta dari Malaysia.
Kontes modifikasi ini akan dibagi dalam enam area, yakni empat di Indonesia dan dua di Malaysia. Pembagian area kontes di Indonesia meliputi area Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi; sementara dua area di Malaysia adalah Malaysia barat dan Malaysia timur.
Para modifikator yang ingin mengikuti DDeC 2021 ini bisa mempelajari lebih lanjut soal kontes ini di laman resmi www.daihatsu.co.id dan kemudian melakukan registrasi di tautan https://dressupchallenge2021.daihatsu.co.id. Pendaftaran dibuka pada 30 Juli-19 September 2021 dan tanpa dipungut biaya apa pun.
Nantinya, peserta akan diminta mengirimkan detail data diri dan detail spesifikasi modifikasi, termasuk mengunggah foto dan video detail dari mobil yang sudah dimodifikasi. Karya para peserta ini yang kemudian akan dinilai oleh dewan juri di kedua negara.
”Generasi milenial dan para modifikator bisa memanfaatkan ajang kontes Daihatsu Dress Up e-Challenge untuk mengekspresikan diri secara positif dan adu kreativitas modifikasi mobil Daihatsu dan Perodua. Semoga Daihatsu bisa semakin dekat dengan Sahabat milenial,” ujar Rudy Ardiman, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Seperti diketahui, mobil-mobil Daihatsu dipasarkan dengan merek Perodua di Malaysia.
Kontes modifikasi virtual ini menggunakan skema eliminasi dan pemenang akan diseleksi dalam beberapa tahap. Dalam hal penjurian, selain didukung para juri profesional mancanegara, pada tahap seleksi, mulai dari babak perempat final hingga final, publik atau warganet juga bisa turut berkontribusi dalam memberi vote untuk menilai mana mobil terkeren menurut versi khalayak yang bisa dilakukan di kanal media Instagram @hinofficial.
Daihatsu menyiapkan hadiah bernilai total puluhan juta rupiah dan trofi kepada para pemenang. Selain itu, Daihatsu juga menyediakan hadiah bagi para warganet yang paling aktif memberikan suara atau vote dalam memilih peserta dengan modifikasi terbaik. Pemungutan suara untuk Juara Favorit ini bisa dilakukan di akun Instagram @daihatsuind ketika kontes memasuki babak perempat final.
Kontes modifikasi yang sudah berlangsung setiap tahun sejak 2014 ini adalah hasil kerja sama Daihatsu dengan Hot Import Night (HIN) dan menjadi bagian dari acara International Auto Modified (IAM). Biasanya kontes ini dilakukan langsung di luar jaringan (luring), tetapi sejak pandemi Covid-19 melanda tahun lalu, gelaran kontes ini dilakukan secara virtual pada 2020 dan 2021 ini. (*/DHF)