Tahu akan kebutuhan orang pada musim panas sekarang ini, produsen alas kaki Havaianas merilis koleksi sandal terbaru bertajuk ”Top Logomania Hightech”.
Oleh
Soelastri Soekirno
·3 menit baca
Wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau atau musim panas untuk negara di Benua Eropa dan Amerika. Saatnya mengganti outfit dengan bahan yang serba ringan dan warna ceria sesuai dengan cuaca terang benderang.
Salah satu bagian dari outfit sehari-hari adalah alas kaki. Jika di musim hujan kita lebih banyak menyembunyikan kaki dalam model alas kaki serba tertutup agar tak terciprat air hujan, misalnya sepatu kets atau selop, kini saatnya kaki mendapat kebebasan.
Berilah kesempatan kaki menghirup udara dan sinar matahari sebanyak-banyaknya. Biarkan pula jemari kaki kanan-kiri bergerak bebas tanpa pembatas, niscaya akan membuat kaki menjadi jauh lebih sehat karena bisa nyaman bergerak.
Tahu akan kebutuhan orang pada musim sekarang ini, produsen alas kaki Havaianas merilis koleksi sandal terbaru bertajuk ”Top Logomania Hightech”. Pabrik Havaianas yang berada di Brasil menyediakan setidaknya lima jenis warna sandal jepit tepek (alas kaki datar) dengan tinggi sekitar 2 sentimeter.
Ada warna hitam, merah, merah muda, biru navy, dan hijau turqoise. Yang membedakan sandal jepit ini dengan koleksi sandal lain dari Havaianas, model ini memiliki logo besar di bagian atas sandal dan bagian sampingnya.
”Itu makanya koleksi ini diberi nama Top Logomania karena logonya nampak mencolok sehingga dari jauh orang sudah bisa melihat ciri khasnya,” tutur Rizky Fauzi, Marketing Manager Havaianas Indonesia, pada Selasa (22/6/2021) lewat sambungan telepon. Ia menjelaskan, pada sandal lain koleksi Havaianas, nama jenama hanya ditulis kecil di tali (strap) sandal atau badan sandal yang jika dipakai akan tertutup oleh telapak kaki.
”Nah ini sengaja dibuat begitu, anehnya itu justru malah laris. Pembeli menyukainya. Sebenarnya kami sudah pernah meluncurkan tahun lalu, ternyata banyak peminat. Manajemen kemudian membuat koleksi Top Logomania lagi tahun 2021,” lanjut Rizky.
Perbedaan antara Top Logomania seri tahun 2020 dan seri terbaru ada pada tulisan Havaianas yang tepat berada di tengah sandal dengan warna tulisan putih. Warna sandalnya pun polos, tidak ada kombinasi. Misalnya, warna sandal hitam, tulisannya putih memanjang di bagian tengah badan sandal.
Pada koleksi terbaru ini, nama jenama tercetak di samping kanan atau kiri sandal, warna tulisan ada yang putih atau kuning, tergantung kombinasi dengan warna dasar sandal. Sementara tali sandal dibuat dalam dua warna, depan dan bagian belakang berbeda warna yang memberi kesan lebih ceria.
Menurut Rizky, produk Havaianas yang banyak menyuguhkan warna ceria, tanpa meninggalkan warna klasik, hitam, biru, abu-abu, memang memberi pesan kegembiraan, keceriaan, dan semangat. Selain nyaman bagi pemakai karena bentuk sandal mengikuti anatomi kaki, alasnya pun empuk sebab terbuat dari karet murni.
Untuk tahun 2021, tak hanya membuat sandal untuk orang dewasa, kini produsen juga membuat sandal koleksi Top Logomania untuk anak balita yang bisa seragam warna dengan orangtuanya.
Bisa jadi karena faktor tersebut, angka penjualan ikut terkerek. Jika di awal pandemi penjualan produk sempat menurun, pada tahun 2020 penjualan kembali naik hingga sekarang. Bahkan, saat pemerintah mengajurkan agar warga berada di rumah saja untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19, penjualan daring dari pembeli di kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan, meningkat pesat.
”Mungkin dengan banyak beraktivitas di rumah, orang merasa perlu memakai alas kaki yang nyaman, tapi juga berwarna ceria agar memunculkan suasana hati yang gembira dan memberi energi positif,” ujar Rizky tentang sandal yang terinspirasi dari model sandal yang biasa dipakai para petani Jepang itu. (TRI)