Debit BRI Wisata Nusantara menjadi kolaborasi ”branding” BRI dan Kemenparekraf. Ini menjadi salah satu upaya meningkatkan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dengan menyasar kalangan pelajar.
Oleh
COKORDA YUDISTIRA
·3 menit baca
KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (3/5/2021), mengenalkan program Debit BRI Wisata Nusantara.
BADUNG, KOMPAS — PT Bank Rakyat Indonesia Tbk bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (3/5/2021), mengenalkan produk Debit BRI Wisata Nusantara. Kolaborasi ini menjadi salah satu upaya meningkatkan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dengan menyasar kalangan pelajar.
Peluncuran penjenamaan atau branding bersama Debit BRI Wisata Nusantara, Senin (3/5/2021), dilangsungkan secara hibrida, yakni dalam kegiatan langsung di kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, dan secara dalam jaringan (daring). Di Kuta, peluncuran turut dihadiri Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya bersama Division Head Mass Funding Division BRI Wahyudi Darmawan dan aktris Cinta Laura Kiehl.
Debit BRI Wisata Nusantara merupakan paket produk atau bundling antara tabungan BRI BritAma sebagai tabungan induk dan tabungan BRI BritAma Rencana sebagai tabungan berencana dengan logo BRI dan slogan Kemenparekraf Wonderful Indonesia. Produk kolaborasi itu diwujudkan dalam kartu debit yang bertemakan wisata Nusantara.
Adapun Debit BRI Wisata Nusantara dengan logo BRI dan Wonderful Indonesia saat ini tersedia dalam lima pilihan desain kartu khusus, yakni desain Pulau Bali; Pura Ulun Danu Beratan (Bali); Ranu Kumbolo, Malang, Jawa Timur; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; dan Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Lima desain kartu debit BRI Wisata Nusantara itu mencirikan ikon masing-masing daerah tujuan wisata di Nusantara.
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (3/5/2021), mengenalkan program Debit BRI Wisata Nusantara. Peluncuran co branding Debit BRI Wisata Nusantara, Senin (3/5/2021), dilangsungkan secara hibrida, yakni dalam kegiatan langsung di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, dan secara dalam jaringan (daring).
Wahyudi mengatakan, peluncuran co-branding Debit BRI Wisata Nusantara menjadi bentuk dukungan BRI terhadap upaya membangkitkan pariwisata Indonesia. Menurut Wahyudi, pariwisata menjadi salah satu sektor usaha paling terdampak pandemi Covid-19.
”BRI bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkomitmen untuk meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia,” kata Wahyudi. Menurut dia, debit BRI Wisata Nusantara ini sebagai pendorong bagi pelajar agar berwisata dengan terlebih dahulu merencanakan kunjungannya melalui menabung di BritAma atau BritAma Rencana.
Sebelumnya, menurut Wahyudi, BRI telah menjalin kerja sama dengan Kemenparekraf melalui co-branding kartu kredit Wonderful Indonesia. Menurut Wahyudi, pangsa pasar kartu kredit masih terbatas di kalangan pelajar. Melalui Debit BRI Wisata Nusantara, BRI menyasar nasabah dari kalangan pelajar dan sekolah melalui program menabung berencana sebagai persiapan mereka mengikuti program karya wisata sekolah.
Dalam nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara BRI dan Kemenparekraf juga disepakati kegiatan promosi, edukasi berwisata aman, dan pemasaran tabungan. Tabungan BRI BritAma juga mendapat fasilitas asuransi jiwa personal accident. Selain kartu didesain khusus, Debit BRI Wisata Nusantara juga dilengkapi fitur menarik, di antaranya program promo dari sejumlah merchant, seperti taman hiburan, hotel, pusat oleh-oleh, dan restoran.
KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (3/5/2021), mengenalkan program Debit BRI Wisata Nusantara. Peluncuran co branding Debit BRI Wisata Nusantara, Senin (3/5/2021), dilangsungkan secara hibrida dan turut dihadiri Division Head Mass Funding Division BRI Wahyudi Darmawan (duduk, kiri), aktris Cinta Laura Kiehl (tengah), dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya (kedua, kanan).
Rebound
Adapun Nia Niscaya mengatakan, kalangan pelajar dan sekolah turut menggerakkan perjalanan wisatawan Nusantara. Dalam masa adaptasi selama pandemi Covid-19, menurut Nia, pergerakan wisatawan dalam negeri menjadi upaya pelambung (rebound) bagi sektor pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19. ”BRI sudah melakukan inovasi dan sekaligus edukasi bahwa berlibur pun harus direncanakan,” kata Nia.
Ia menambahkan, situasi pandemi Covid-19 ini bisa digunakan sebagai waktu mempersiapkan tabungan dan merencanakan kunjungan wisata. Perjalanan wisata oleh pelajar dan sekolah dapat dilaksanakan apabila situasi pandemi Covid-19 sudah mereda. ”Ini ada fungsi mendidik dan menabung menjadi lifestyle (gaya hidup) anak muda untuk belajar memanajemen dirinya, termasuk dalam merencanakan liburan,” ujar Nia di Kuta, Bali, Senin (3/5/2021).
Aktris Cinta Laura Kiehl mengungkapkan, berwisata juga bagian dari pendidikan. Sebab, melalui wisata, seseorang akan mengenal daerah baru dengan keunikannya sekaligus berinteraksi langsung dengan masyarakat dan lingkungan di destinasi. Cinta Laura juga mendorong masyarakat Indonesia, utamanya generasi muda, agar menjelajahi Indonesia sehingga mengenal Nusantara dan merasa bangga sebagai Indonesia.
”Ini penting. Sebagai generasi muda, kita mengerti dan bangga dengan budaya Nusantara,” kata Cinta Laura.