BMW Group Indonesia mengawali tahun 2021 dengan meluncurkan tiga model pembaruan dari lini ”sport activity vehicle” mereka, salah satunya New BMW X3 sDrive20i. ”Kompas” mengujinya di medan tanah merah yang menantang.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
Mengawali tahun 2021, New BMW X3 sDrive20i menjadi salah satu model sport activity vehicle BMW terfavorit yang digadang-gadang siap kembali mendorong pasar otomotif di Indonesia. BMW Group menempatkannya di antara BMW X1 sDrive18i dan BMW X5 xDrive40i xLine dengan perubahan tampilan dan fitur inovasi terbaru.
Presiden Direktur BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan menyebut ketiga model BMW terbaru itu sebagai X Crew. BMW Seri X dipilih sebagai model pertama dari sekian banyak model BMW yang akan diluncurkan tahun ini untuk memperkuat posisi BMW sebagai merek premium di Indonesia.
Ketika melihat mobil ini, terlihat perpaduan antara kepraktisan mobil perkotaan dan ketangguhan mobil yang siap diajak menjelajah medan semi offroad. Begitu tombol Start mesin yang terletak di samping kiri bawah, dekat roda kemudi, ditekan, Kompas pun membawa New X3 ini ke seputar kawasan BSD City, Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (24/3/2021).
Dua karakter sebagai mobil perkotaan dan crossover SAV itu patut dirasakan. Mulai dari jalan lengang dengan aspal halus, variasi beragam tikungan, menggilas jalan bergelombang perkampungan, hingga leluasa meliuk-liuk bak menari ”samba” di sudut tanah merah nan lapang.
Perjalanan awal membawa mobil menelusuri lintasan beraspal mulus. Melintas berbagai kluster properti terkini, menyambangi desain arsitektural Pasar Intermoda BSD City, melintasi gedung perkantoran, hingga mengujinya di lintasan yang kerap disulap menjadi arena sirkuit jalanan.
Lepas dari jalan aspal, pengujian rasanya akan lebih mengasyikkan ketika kawan mengajak ke sebuah lahan kosong. Medan tanah basah yang sudah mulai mengering diterpa terik matahari menjadi ajang menguji SAV berpenggerak dua roda ini. Mulailah Kompas membawa mobil meliuk-liuk, berputar, zig-zag dan sesekali menggeber pedal gas untuk berjalan lurus menggilas tanah.
Begitu pedal diinjak dalam-dalam, kendaraan seketika melesat cepat. Dari layar MID (multi information display) terlihat tenaga maksimum dan torsi yang dihasilkan. Yang lebih menarik, dinamika berkendara mobil ini sudah ditingkatkan oleh transmisi steptronic 8 percepatan yang menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang. Transmisi ini sudah dilengkapi paddle shifter di balik roda kemudi yang membikin sensasi mengemudi lebih seru dan mudah.
Menerjang gundukan tanah menyebabkan bodi mobil sempat sedikit terguncang, tetapi tetap terjaga keseimbangan ayunannya. Sensasi raungan mesin BMW TwinPower Turbo 2.0 liter yang dihasilkan pada mode berkendara Sport nyaris tak terdengar dari dalam kabin yang kedap.
Padahal, kawan yang tengah memotret liukan mobil dari luar mengungkapkan suara raungan mesinnya berulang kali terdengar begitu kuat.
Ketika sedang asyik meliuk-liuk, dari bagasi terdengar suara braakkk…. Begitu dilihat, ternyata alat pemadam api ringan (APAR) terpental karena tidak diletakkan di posisinya yang tepat. Semestinya, APAR dikaitkan pada perangkat yang tersedia di bagian bawah jok pengemudi.
Dimensi
New BMW X3 sDrive 20i sebagai medium SAV terasa memiliki keseimbangan antara dimensi, desain, dan fitur yang memadai. Mobil ini mengusung perpaduan tampilan yang kokoh dan sporty dengan interior yang modern dan canggih.
Dalam catatan BMW, mesin New BMW X3 adalah mesin bensin empat silinder dengan kapasitas 2.0 liter dengan turbo. Mesin ini juga dilengkapi dengan high precision direct injection, double-vanos variable camshaft control, dan valvetronic fully variable valve timing yang mengeluarkan tenaga maksimum 184 hp dan torsi puncak 300 Nm.
Mobil ini percaya diri diajak melintas medan non-aspal karena memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 204 mm. BMW juga mengklaim mobil siap diajak masuk ke kubangan air setinggi 50 sentimeter.
Sekilas melihat kebaruan New BMW X3, tampilannya memang semakin mengokohkan kesan sporty nan gagah, meskipun dimensi mobil tidak terlampau besar. Kesan ini ditampilkan pada desain gril dan lampu utama BMW Icon Adaptive LED Headlights yang dilengkapi BMW Selective Beam dan DRL berbentuk heksagonal. Begitu juga lampu kabut dan lampu belakang sudah berteknologi.
Perubahan paling terlihat adalah desain roda terbaru berukuran 19 inci V-spoke style 692 bicolour dengan warna Ferric Grey. Sementara ban menggunakan Bridgestone Alenza.
Begitu membuka pintu bagasi, luas bagasinya pun bisa sangat diandalkan. Terlebih lagi, ada handel kecil yang memudahkan jok belakang terlipat sehingga kapasitas bagasi bisa lebih lapang lagi.
Ruang mesin masih sama dengan generasi sebelumnya. Ada empat batang besi panjang yang berfungsi memperkuat sasis dan melindungi ruang radiator apabila terjadi benturan dari depan. Sayangnya, besi penguat ini tidak berwarna hitam yang mengesankan kekokohan, melainkan dibiarkan berwarna asli metal yang mengesankan tambahan belaka.
Di sisi interior, jok sudah menggunakan kulitSensatec, bukan lagi perpaduan bahan kainseperti pada generasi sebelumnya. Jok terasa lebih nyaman dengan bantalan yang berkualitas dan tebal. Jok depan pun terasa mendekap pengemudi dan penumpang. Kabin X3 kini juga terasa lebih lapang berkat adanya atap kaca panoramik yang besar.
Fitur-fitur head unit pun bakal memberi kepuasan tersendiri dalam perjalanan panjang. Fitur infotainment ini sudah mengusung BMW Operating System 7 yang dilengkapi fitur Gesture Control, perintah suara ”Hello, BMW”, hard drive berkapasitas32GB, pengecas ponsel nirkabel Qi, konektivitas Apple CarPlay nirkabel, dan sistem suara BMW HiFi dengan 12 speaker.
Mobil ini didesain untuk lima tempat duduk. Berada di baris kedua sebagai penumpang terasa tetap nyaman karena sandaran bisa disetel sesuai kebutuhan. Dengan kenyamanan ini, New BMW X3 terasa cocok untuk perjalanan ke luar kota.