logo Kompas.id
Gaya Hidup1,3 Juta Data Pengguna...
Iklan

1,3 Juta Data Pengguna Clubhouse ”Dipanen”

Clubhouse dinilai menjadi contoh terbaru penyalahgunaan akses API akibat antisipasi keamanan yang kurang. Ini insiden ketiga dalam sepekan terakhir setelah Facebook dan Linkedin.

Oleh
SATRIO PANGARSO WISANGGENI
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/EqJ87dus2xNR_F1ge74SIf75hHo=/1024x748/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F02%2F42d95b6d-49a6-4464-8f6c-85f6d4c77e3f_jpg.jpg
KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Aplikasi Clubhouse terpampang dalam layanan Appstore di ponsel iPhone, Rabu (17/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Platform media sosial berbasis suara, Clubhouse, menjadi korban terbaru panen data atau web scraping. Data publik dari 1,3 juta pengguna Clubhouse dibagikan secara gratis di forum peretas. Meski data bersifat publik, hal semacam ini dapat membantu pelaku kriminal melakukan profiling calon korban.

Pelaku pemanenan data ini terdeteksi mengunggah file basis data ini ke forum peretas pada Sabtu (10/4/2021) pekan lalu. File tersebut berisi 1,3 juta pengguna yang mengandung data nama, URL foto, akun Twitter dan Instagram, jumlah pengikut, jumlah akun yang diikuti, tanggal pembuatan akun, serta nama profil pengundang.

Editor:
khaerudin
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000