Rayakan 50 Tahun, Toyota Luncurkan 50 Kijang Innova Limited Edition
Bertepatan dengan 50 tahun Toyota di Indonesia, ada 50 unit Kijang Innova Limited Edition yang dihadirkan PT Toyota-Astra Motor sebagai simbol tahun emas perjalanannya di Tanah Air.
Oleh
Stefanus Osa Triyatna
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — PT Toyota-Astra Motor secara resmi, Jumat (9/4/2021), meluncurkan Toyota Kijang Innova Limited Edition yang hanya diproduksi sebanyak 50 unit. Model multipurpose vehicle yang memiliki sejarah panjang di Tanah Air ini dihadirkan bertepatan dengan perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia.
”Di ulang tahun emas ini, kami mempersembahkan Kijang Innova Limited Edition,” kata Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam konferensi pers ”Toyota 50 Years Remarkable Journey in Indonesia” secara virtual di Jakarta.
Mengapa harus Kijang?
Selama 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia, Toyota Kijang sejak generasi pertama hingga generasi terbaru saat ini menjadi salah satu bentuk kisah sukses karya anak bangsa dalam memenuhi dinamika kebutuhan mobilitas masyarakat. Kijang edisi terbatas yang diluncurkan ini menjadi bagian dari simbol komitmen Toyota untuk selalu mengedepankan semangat tumbuh bersama dengan masyarakat Indonesia.
Henry menjelaskan, Kijang sejak awal diproduksi sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Dalam sejarahnya, Kijang yang merupakan kendaraan niaga berkembang menjadi kendaraan penumpang buatan dalam negeri. Hingga saat ini, mobil yang digemari masyarakat Indonesia ini tetap mempertahankan DNA sebagai produk tahan banting, nyaman, dan memberikan ketenangan berpikir (peace ofmind) bagi penggunanya. Kijang pun dipandang bisa merepresentasikan perjalanan Toyota di Indonesia.
President Director TAM Susumu Matsuda menambahkan, Kijang Innova merupakan bagian penting dari 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia. Sebagai perusahaan mobilitas, Matsuda berharap Kijang Innova tidak hanya dapat menjadi upaya konkret dari solusi mobilitas Toyota, tetapi juga sebagai bentuk realisasi dari komitmen Toyota untuk menghadirkan Mobility Happiness for All.
”Ke depan, kami tidak hanya akan menyediakan alat transportasi, tetapi lebih dari itu, kami juga ingin dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta melestarikan lingkungan di sekitar,” kata Matsuda.
Hanya 50 unit
Sejak awal, TAM memang merancang Kijang Innova sebagai edisi spesial ini hanya tersedia 50 unit untuk dipasarkan kepada masyarakat. Selain tampilan dan fitur eksklusif, ada stiker garis pemanis berwarna emas pada bodi depan hingga samping yang menandakan tahun emas kehadiran Toyota di Indonesia.
”Stiker emas menggambarkan perjalanan emas Toyota di Indonesia, di mana Kijang selalu mewarnai industri otomotif di Indonesia. Mulai dari era awal industri tahun 1977, era transformasi Kijang dari mobil komersial menjadi mobil penumpang, era ekspor pertama, era Kijang sebagai mobil pilihan keluarga Indonesia, era Kijang Innova yang menjadi Innovative International Multi-Purpose Vehicle global, hingga era Kijang Reborn yang tampil sebagai kendaraan premium,” jelas Henry.
Ia menyebutkan, ada nilai semangat anak bangsa Indonesia dalam setiap tahapan perkembangan Toyota Kijang dari generasi ke generasi. Menurut Henry, semangat memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia, meningkatkan kompetensi untuk membuat produk dan layanan mobilitas terbaik, merupakan salah satu pesan yang tersirat pada Kijang Innova Limited Edition ini.
”Harapan kami, Kijang edisi khusus 50 Tahun Toyota Indonesia ini mampu menumbuhkan semangat anak bangsa yang mempunyai potensi sangat besar. Semangat untuk selalu berkarya dalam setiap kesempatan, termasuk dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang,” kata Henry.
Kijang Innova Limited Edition menggunakan basis Kijang Innova Reborn. Varian yang dihadirkan ada dua, yakni Kijang Innova tipe V Luxury Bensin transmisi otomatis (AT) dan Venturer Diesel AT. Edisi khusus ini hanya didesain dalam satu warna, yakni putih mutiara (white pearl).
Namun, bukan berarti pencinta otomotif, khususnya loyalis Toyota Kijang, harus gigit jari jika tidak mendapatkan Kijang Innova Limited Edition ini. Mulai saat ini, semua mobil Toyota Kijang Innova yang diproduksi di luar edisi terbatas ini juga akan dilengkapi emblem 50 tahun Toyota di Indonesia. ”Ini sebagai simbol apresiasi kami kepada pencinta otomotif Toyota yang sudah memberikan kepercayaan selama ini,” ujar Henry.
Daya saing
Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menambahkan, untuk menjawab tantangan otomotif di masa depan, Toyota Indonesia terus memperbaiki daya saing atau competitiveness di semua area melalui peningkatan faktor keselamatan, kualitas, dan produktivitas.
”Untuk meningkatkan dan menjaga keberlanjutan bisnis, kami akan terus meningkatkan kolaborasi dengan Toyota Group di Indonesia agar mencapai efisiensi operasional yang tinggi demi competitiveness yang lebih baik,” ujar Warih.
TMMIN juga mengembangkan rantai pasok komponen lokal dan materialnya, khususnya dalam menghadapi tantangan masa depan, seperti elektrifikasi dan bisnis mobilitas yang kini digarap Toyota. Keterlibatan UMKM sebagai pemasok produksi Toyota juga semakin penting dan perlu mendapat dukungan lebih sehingga diharapkan mampu menambah kesempatan kerja bagi masyarakat.
Warih menegaskan, ”Tahun 2022, Toyota akan memproduksi kendaraan HEV (hybrid electric vehicle) di pabrik TMMIN. Tidak hanya untuk pasar domestik, tetapi juga basis ekspor kendaraan elektrifikasi ke mancanegara. Khusus untuk ekspor, kami akan memperluas pengiriman ke negara-negara yang memiliki perjanjian FTA (free trade area) dengan Indonesia.”