Diageo Indonesia Luncurkan Kampanye #SamaSamaRayakan
Diageo Indonesia dengan produk, seperti Smirnoff, Guinness, dan Johnnie Walker, berpartisipasi mencegah mereka yang belum cukup umur mengonsumsi minuman beralkohol. Masyarakat diminta memperhatikan dampak minuman itu.
Oleh
DWI BAYU RADIUS
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Diageo Indonesia meluncurkan #SamaSamaRayakan untuk mendorong konsumen menikmati minuman beralkohol secara bertanggung jawab. Kampanye untuk meningkatkan pemahaman mengenai konsumsi minuman tersebut menggunakan media sosial.
Dendy A Borman, Corporate Relations Director PT Langgeng Kreasi Jayaprima atau Diageo Indonesia, di Jakarta, Rabu (31/3/2021), mengatakan, pihaknya meminta konsumen tak berlebihan mengonsumsi minuman beralkohol dan mempertimbangkan efeknya terhadap tubuh.
Gerakan itu merupakan turunan kampanye global Diageo yang tertuang dalam rencana aksi 10 tahunan, Society 2030: Spirit of Progress. ”Kampanye itu fokus terhadap perjuangan inklusi dan berbagai promosi konsumsi yang bertanggung jawab,” ujarnya.
Menurut Dendy, pihaknya bertekad memperluas program menghindari konsumsi minuman alkohol untuk publik di bawah umur dan mengedukasi bahayanya. Diageo Indonesia juga meminta masyarakat tak mengemudi kendaraan bermotor setelah menikmati minuman itu.
”Kami ingin menjadi pelopor keberlanjutan from grain-to-glass dengan salah satu implementasinya lewat promosi tersebut,” katanya. Diageo Indonesia memanfaatkan Twitter dan Instagram karena meningkatnya pencarian informasi melalui internet.
Communication and Engagement Lead Diageo Indonesia Chrysanthi Tarigan mengatakan, pihaknya mendifusikan imbauan lewat seri video, pertemuan virtual, dan berkomunikasi dengan warganet. Diageo Indonesia akan berkontribusi untuk mencapai target Society 2030 dengan melibatkan sekitar 600.000 orang.
”Jumlah itu di Indonesia saja. Kampanye itu didukung kuis berbahasa Indonesia yang dirancang khusus untuk memberikan informasi mengenai alkohol,” ujarnya. Konsumen bisa memilih, termasuk keputusan untuk tidak minum. Kuis tersebut sudah diikuti lebih dari 5.000 orang.
Hingga 10 tahun ke depan, 200.000 orang ditargetkan mengakses kuis tersebut. Diageo Indonesia juga pernah bekerja sama dengan mitra industri untuk mencegah anak dan remaja mengonsumsi minuman beralkohol. Kesadaran mengenai bahaya produk ilegal juga ditingkatkan dengan menggandeng LSM.
Pendiri media daring Beergembira sekaligus disjoki Indra Asikin yang dikenal dengan Indra7 menyambut kampanye Diageo Indonesia dengan antusias. ”Perlu aksi nyata dari semua pihak untuk memantapkan pemahaman tentang konsumsi yang bertanggung jawab,” ucapnya.
Beergembira telah lama ikut mengampanyekan konsumsi tersebut, terutama bir. Kini, gerakan tersebut semakin nyata dan kuat dengan diluncurkannya #SamaSamaRayakan. Kampanye itu juga menyuarakan keberagaman, sekaligus menguatkan kebersamaan.