logo Kompas.id
Gaya Hidup”Streaming” K-Pop Berselancar ...
Iklan

”Streaming” K-Pop Berselancar ke Penjuru Dunia

Distribusi budaya pop Korea Selatan tidak bisa dilepaskan dari kemajuan teknologi. Platform itu menyederhanakan cara audiens mengakses hiburan tanpa batas negara.

Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/BCUwWW4gFyVeJzOf-oDwBA6hV_4=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F10%2FVirus-Outbreak-South-Korea-Daily-Life_92161912_1602561534.jpg
Kompas

Iklan K-Pop grup BTS di Seoul, Korea Selatan, 30 September 2020.

Platform digital dinilai penting untuk pendistribusian budaya pop Korea Selatan ke audiens global, khususnya K-pop. Platform itu menyederhanakan cara audiens mengakses hiburan tanpa batas negara, waktu, sekaligus menawarkan harga yang terjangkau. Pelaku industri musik pun memanfaatkan ini untuk memperluas pengaruh K-pop.

Luasnya pengaruh K-pop tampak pada awal Maret 2021. Saat itu, ratusan lagu K-pop hilang dari platform streaming musik Spotify. Alasannya, kontrak antara dan Spotify dan Kakao M selaku distributor musik dari Korsel berakhir. Hal ini memicu kekecewaan penggemar.

Editor:
agnesrita
Bagikan