AHM Luncurkan Honda CBR600RR dan Lengkapi Jajaran CBR Tricolor Series
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan sepeda motor sport CBR600RR di pasar Indonesia untuk memberikan pilihan bagi pecinta motor super sport performa tinggi.
JAKARTA, KOMPAS - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan sepeda motor sport CBR600RR di pasar Indonesia untuk memberikan pilihan bagi pecinta motor super sport performa tinggi. Peluncuran dilangsungkan di AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/2/2021). Kehadirannya dilengkapi dengan peluncuran serentak pilihan warna Tricolor pada seluruh model CBR series yang dipasarkan di Indonesia.
Setelah tahun lalu hadir melalui CBR1000RR-R Fireblade, kini warna Tricolor yang merepresentasikan semangat dan pengaplikasian teknologi balap juga disematkan pada motor supersport CBR600RR, serta menjadi pilihan warna terbaru pada varian motor sport pasar domestik lainnya, yaitu CBR250RR dan CBR150R.
Mengusung konsep Awaken The Race, CBR600RR dilengkapi dengan kontrol elektronik terbaru dan teknologi aerodinamika untuk mewujudkan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Motor kelas supersport ini memiliki karakteristik performa tinggi yang mudah dikontrol dan lincah yang didesain mampu menaklukkan lintasan sirkuit dan tetap menyenangkan dikendarai di jalan umum.
President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan, berbagai inovasi desain, teknologi, dan fitur yang dikembangkan dari konsep Awaken The Race menjadikan CBR600RR sebagai motor impian para pecinta big bike yang menginginkan sepeda motor performa tinggi.
“Melalui CBR600RR ini, kami ingin mengajak Anda semua untuk merasakan kesenangan hidup terbaik dengan perpaduan sempurna dari kegembiraan, adrenalin, dan kepuasan berkendara dengan semangat balap yang dirasakan secara bersamaan saat berkendara,”ujar Yasuda.
Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menambahkan, selain mendapatkan performa produk yang mumpuni, para pecinta CBR600RR juga akan dimanjakan dengan perasaan bangga terhadap produk dan layanan yang didesain khusus bagi mereka.
“Kami pun secara konsisten terus memberikan layanan yang didesain secara premium bagi pengguna Honda Big Bike melalui jaringan dealer Big Wing. Kami berharap kehadiran CBR600RR yang didukung kuatnya layanan purna jual di jaringan Honda dapat semakin menguatkan kecintaan masyarakat terhadap jajaran produk big bike Honda,”ujar Loman.
Desain
Konsep supersport CBR600RR ditampilkan melalui tampilan keseluruhan yang aerodinamis. Desain tebeng (fairing) dengan lampu depan baru yang terlihat mirip dengan kakaknya CBR1000RRR Fireblade. Desainnya terlihat lebih agresif dengan area frontal yang minimal untuk menghadirkan koefisien hambatan udara yang lebih kecil.
Penyematan winglet, yang terinspirasi motor balap RC213V di MotoGP, secara efektif memberikan down force saat akselerasi. Bagian ini juga berguna untuk memberikan stabilitas lebih saat melakukan pengereman dan menikung. Pada moncong tengah lampu terdapat lubang udara yang langsung terhubung dengan air intake guna memaksimalkan performa.
Posisi dan desain tangki bahan bakar dibuat lebih rendah untuk memberikan area yang makin luas bagi pengendara saat menunduk guna meningkatkan aerodinamika, menghadirkan stabilitas dalam pengendalian, dan mendapatkan down force maksimum saat akselerasi, pengereman, dan menikung. Posisi berkendara ini tetap nyaman dan fleksibel untuk penggunaan di trek balap ataupun berkendara di jalanan kota.
Di area belakang, model ini memiliki desain knalpot yang kompak dengan posisi lubang knalpot di tengah untuk memberikan kesan ramping sekaligus menjadi ciri khas CBR600RR.
Performa dan Fitur
Tak hanya memiliki desain yang memikat pecinta motor supersport, performa tinggi dan beragam teknologi fitur canggih yang dipasang menjadi penyempurnan CBR600RR. Mesin baru DOHC 4-silinder berkapasitas 599 cc diklaim mengeluarkan tenaga maksimal 89 kW (121 PS) pada putaran mesin 14.000 rpm. Model ini memiliki torsi puncak yang sangat besar, mencapai 64 Nm pada 11.500 rpm.
Beberapa perubahan pada komponen mesin termasuk di antaranya mengubah desain camshaft dan kruk as (crankshaft) guna meningkatkan percepatan putaran, mengubah desain bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan waktu bukaan katup (valve timing) menjadikan CBR600RR semakin bertenaga.
Pemasangan lampu LED didesain semakin agresif. Model ini juga dilengkapi dengan panel meter besar layar digital TFT memberikan visibilitas yang semakin mudah dengan tingkat kecerahan layar yang otomatis menyesuaikan kondisi cuaca sekitar. Layar penunjuk informasi ini mampu menampilkan dua mode yang bisa dipilih, yakni Street atau Circuit.
Pengaplikasian assist/slipper clutch membuat pengoperasian tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek pengereman mesin (engine brake) saat pengendara menurunkan gigi transmisi. Throttle by wire telah menjadi piranti wajib sepeda motor sport premium Honda guna mendapatkan bukaan gas yang makin presisi.
CBR600RR juga sudah dibekali sensor Inertial Measurement Unit (IMU) untuk mendeteksi sudut kemiringan sepeda motor. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi dan menikung. Perangkat tersebut juga meminimalisasi ban depan terangkat saat akselerasi berlebihan.
Terdapat tiga mode berkendara yang memberikan kenyamanan dan sensasi berkendara yang tinggi, yakni Fast Riding, Fun Riding dan Comfortable Riding. CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (tiga level).
Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak yang secara otomatis mengaktifkan lampu hazard sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di belakang untuk menghindari kemungkinan tabrakan.
Rem depan sudah dilengkapi double disc brake diameter 310 mm berkaliper 4 piston dengan Antilock-Braking System (ABS). Sedangkan pada posisi belakang juga dilengkapi rem cakram diameter 220 mm berkaliper piston tunggal plus ABS.
CBR600RR juga dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft). Komponen ini bekerja bersama IMU dan sensor kecepatan untuk menambah kestabilan saat melaju pada kecepatan tinggi dan menikung.
Fitur lainnya pada material lengan ayun (swing arm) terbuat dari bahan aluminium yang lebih ringan dan kaku (rigid) sehingga memberikan kenyamanan pengendalian saat bermanuver. Kestabilan juga didukung suspensi depan Showa Inverted Telescopic dan suspensi belakang Showa Pro-Link with Gas-Chamber. Semua suspensi dapat disesuaikan kompresi dan rebound-nya.
CBR600RR hadir dengan warna legendaris Tricolor. Motor super sport 600 cc ini dipasarkan dengan harga Rp 550.000.000 (on the road Jakarta).
Varian Tricolor
Selain meluncurkan CBR600RR Tricolor, AHM juga sekaligus menghadirkan varian warna terbaru CBR150R Tricolor dan CBR250RR Tricolor. Kehadiran varian warna Tricolor ini untuk menonjolkan karakter "Total Control" pada kedua motor sport Honda tersebut.
Paduan warna legendaris Tricolor telah menjadi ikon sejak puluhan tahun lalu sebagai representasi kekuatan teknologi balap Honda. Bermula pada keikutsertaan Honda pada ajang balap legendaris Isle of Man TT di tahun 1959 dengan mesin yang didominasi warna merah. Pada sekitar tahun 1970, pebalap Honda pun mulai memperkenalkan kombinasi tiga warna merah, biru, dan putih pada baju balapnya.
Pada 1973, sepeda motor pertama Honda yang menggunakan paduan warna merah, biru, dan putih adalah Honda CB750 yang digunakan pada ajang Daytona 200 Mile di Amerika Serikat. Evolusi berlanjut, hingga pada 1980 era warna Tricolor semakin mendunia. Sepeda motor Honda dengan warna ikonik merah, putih, dan biru makin banyak dijumpai pada ajang balap dan menjadi simbol kekuatan balap Honda, mulai dari World GP 1979 dan Honda XR500R yang berhasil menjuarai Reli Paris-Dakkar 1982.
Terinpirasi dari semangat balap yang dimiliki Honda untuk menghadirkan aura balap, warna Tricolor kini diaplikasikan pada beragam sepeda motor Honda berperforma tinggi yang dipasarkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.
Untuk melengkapi dan menemani impian pecinta CBR series, AHM memasarkan CBR150R ABS dengan varian warna Tricolor seharga Rp 40.600.000 sedangkan CBR250RR SP Quick Shifter dengan varian warna Tricolor seharga Rp 77.300.000. Semua harga on the road wilayah DKI Jakarta.