Penyegaran Mitsubishi Pajero Sport Resmi Hadir di Tanah Air
Setelah menunggu lebih dari empat tahun, Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga akhirnya mendapat penyegaran. Selain di sisi tampilan, New Pajero Sport ini juga mendapat tambahan berbagai fitur.
Oleh
Dahono Fitrianto
·5 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Setelah menunggu lebih dari empat tahun sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2016, Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga akhirnya mendapat penyegaran. Selain di sisi tampilan, New Pajero Sport ini juga mendapat penambahan sejumlah fitur.
Peluncuran New Mitsubishi Pajero Sport ini dilakukan secara virtual di Jakarta, Selasa (16/2/2021). Hadir dalam acara ini Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura, Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan PT MMKSI Irwan Kuncoro, Direktur Divisi Purna Jual PT MMKSI Eiichiro Hamazaki, dan duta Mitsubishi di Indonesia, pereli Rifat Sungkar.
Menengok ke belakang, Mitsubishi Pajero Sport mulai dihadirkan resmi di Indonesia pada generasi kedua tahun 2009. Mobil tersebut diterima cukup antusias oleh pasar Tanah Air yang menggemari mobil tangguh dengan tujuh tempat duduk ini. Pada 2016, generasi ketiga mobil tersebut diluncurkan dan mendapat sambutan yang sama.
Peluncuran versi penyegaran dari Pajero Sport generasi ketiga ini sudah ditunggu-tunggu cukup lama, mengingat di negara tetangga, Thailand, versi tersebut sudah diluncurkan sejak 2019.
”Sejak penyegaran terakhir model Pajero Sport di Indonesia pada 2016, kami berpikir sekaranglah saat yang tepat untuk memperkenalkan New Pajero Sport ke pasar Indonesia dengan berbagai pengembangan dan penambahan fitur untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan di Indonesia,” tutur Nakamura saat ditanya tentang perbedaan waktu peluncuran dengan Thailand tersebut.
Nakamura juga menambahkan, untuk menambah nilai kompetitif pada harga jual New Pajero Sport, mobil ini sudah dirakit di dalam negeri, tepatnya di pabrik PT Mitsubishi Motors Kramayudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
”Kami selalu ingin melakukan persiapan yang baik pada setiap produk kami sehingga layak ditunggu-tunggu para pelanggan kami,” imbuh Nakamura.
Secara tampilan, perubahan yang langsung terlihat adalah desain baru gril ”Dynamic Shield”, perubahan desain bumper dan lampu depan. Lampu depan kini juga dilengkapi dengan active cornering lamp, yakni lampu yang otomatis menyala dan menyorot arah belok mobil, untuk membantu pandangan pengemudi pada malam hari. Selain itu, juga terlihat perubahan desain pada velg alloy ukuran 18 inci, desain baru lampu belakang, desain baru spoiler belakang, dan penambahan antena berbentuk sirip hiu di bagian belakang atap.
Pintu bagasi belakang juga sekarang bisa dibuka secara elektrik dengan dua cara, yakni melalui remote control pada aplikasi yang bisa dipasang di telepon pintar, maupun dengan kick sensor alias sensor tendangan di bawah bumper belakang. Fitur ini tersedia di seluruh varian Dakar pada New Pajero Sport.
Melangkah ke dalam kabin, pembaruan yang langsung mencolok adalah kluster instrumen yang kini hadir dalam tampilan digital penuh di layar LCD berukuran 8 inci. Terdapat tiga pilihan tampilan desain dan pilihan informasi yang bisa ditayangkan pada layar ini.
Sementara head unit juga baru, dengan ukuran layar sentuh 8 inci dan dilengkapi Smartphone-Link Display Audio (SDA) sehingga memudahkan koneksi dengan telepon pintar penggunanya. Selain itu, layar ini juga bisa memberikan tampilan 360 derajat situasi di sekitar mobil dari empat kamera yang tersebar empat titik bodi mobil.
Fitur baru
Fitur baru lainnya adalah rem parkir elektronik yang dilengkapi Brake Auto Hold di konsol tengah dan kaca spion dalam berteknologi elektrokromatis sehingga otomatis akan meredup jika pantulan cahaya lampu dari belakang mobil terlalu menyilaukan (auto-dimming). Seluruh varian Dakar kini juga dilengkapi soket pengisi daya (power outlet) pada tempat duduk baris kedua.
Atap kaca yang bisa dibuka (sunroof) disediakan di varian Dakar Ultimate 4x4 A/T dan Dakar 4x2 A/T, sementara pemakai varian Dakar Ultimate 4x2 A/T akan mendapat layar hiburan yang dipasang di atap. Varian Dakar Ultimate 4x2 A/T juga dicirikan dengan bahan pembalut jok dan interior berwarna beige.
”Secara umum spesifikasi dari New Pajero Sport di Indonesia sama dengan spesifikasi global maupun di Thailand. Namun, kami tetap ada sedikit perbedaan detail fitur untuk menyesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pasar Indonesia. Seperti pengaplikasian sunroof di varian Dakar Ultimate 4 x 4 dan Dakar 4 x 2 yang merupakan salah satu ciri khas mobil upper class,” tutur Irwan Kuncoro, Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan PT MMKSI.
Khusus di varian Dakar Ultimate 4 x 4 A/T juga disediakan fitur Off Road Mode dengan empat pilihan mode berkendara, yakni Gravel (untuk medan tanah berpasir), Mud/Snow (berlumpur/bersalju), Sand (medan pasir), dan Rock (medan berbatu-batu). Selain itu pada varian ini juga sudah dilengkapi fitur Hill Descent Control (HDC).
Beberapa fitur keselamatan yang sudah diperkenalkan sebelumnya, seperti Forward Collision Mitigation System (FCM) dan Adaptive Cruise Control (ACC) dipertahankan pada varian Dakar Ultimate 4 x 4 A/T dan Dakar Ultimate 4 x 2 A/T. Sekarang pada dua varian itu juga mendapat tambahan fitur Blind Spot Warning (BSW), Lane Change Assist (LCA), dan Rear-Cross Traffic Alert (RCTA).
Tak ada perubahan pada bagian mesin. New Pajero Sport untuk seluruh varian Dakar masih mengandalkan mesin turbodiesel berkode 4N15 berteknologi MIVEC berkapasitas 2,4 liter (2.442 cc) yang mengeluarkan tenaga maksimum 181 PS pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 rpm. Sementara untuk varian di bawah Dakar masih mengandalkan mesin Pajero Sport lama berkode 4D56 berkapasitas 2.5 liter (2.477 cc) dengan turbo.
Tenaga mesin pada varian Dakar disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan yang bisa dioperasikan secara manual dengan paddle shifters di balik roda kemudi. (DHF)