All New Honda CBR150R, Tidak Sekadar Penyegaran Penampilan
PT Astra Honda Motor, selaku agen pemegang merek sepeda motor Honda di Tanah Air, meluncurkan All New Honda CBR150R dengan penyegaran menyeluruh pada tampilan sekaligus menambah berbagai fitur.
Oleh
RIZA FATHONI
·5 menit baca
PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai salah satu pelaku industri otomotif tanah air tetap agresif meramaikan pasar motor tanah air di tengah kelesuan pasar karena pandemi. Kali ini di kelas sport full fairing 150 cc, AHM memberi penyegaran tampilan All New CBR150R secara menyeluruh.
Tampilan baru ini semakin memperkuat karakter sportnya dengan mengadopsi baju kebesaran “kakaknya”, CBR250RR yang tampilannya terlihat jauh lebih agresif dibanding CBR150R edisi sebelumnya.
Pekan lalu, sejumlah media berkesempatan melihat langsung sekaligus mencoba unit terbaru yang berslogan “Own The Ride” ini di sirkuit dalam kompleks Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center di kawasan Greenland International Industrial Centre (GICC), Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.
Rombongan dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari lima jurnalis per kelompok. Pelaksanaan uji kendara dilakukan dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.
Sirkuit permanen dengan bidang aspal lapang ditata dengan “lay out” dengan bantuan rambu kerucut yang menyajikan kombinasi tikungan patah, tikungan panjang, chicane dan trek lurus sepanjang hampir 300 meter.
Mirip CBR250RR
Lekuk bodi mulai dari moncong tudung lampu hingga buritan, kaca depan (windscreen) hingga tebeng samping (fairing), lampu utama dan lampu rem All New CBR150R semakin membuatnya identik seperti layaknya saudara kembar dengan kakaknya, CBR250RR. Seluruh sektor penerangan kini sudah mengaplikasi lampu LED. Tampilan standar kedua motor beda kelas ini akan sedikit mengecoh sebelum melihat ujung knalpot All New CBR150R yang single muffler.
Penyegaran ini seakan memenuhi hasrat pengguna CBR150R yang menginginkan penampilan yang lebih gagah dengan dimensi yang cenderung lebih “berotot”. Tudung lampu depan turut melebar mengikuti proporsi tangki dan bodi belakang.
Secara penampilan, All New CBR150R, yang lebih proprosional dan "racy", yang diharapkan lebih dapat memenuhi selera pasar. Meski dengan bodi yang lebih agresif ini bobotnya bertambah 2 kilogram menjadi 139 kg untuk tipe ABS.
Tangki bensin berkapasitas 12 liter kini dilapisi bodi plastik, berbeda dengan pendahulunya yang langsung plat logam tanpa berselimut pelapis. Tampilan sisi atas terlihat lebih lebar. Meski begitu, lekuk bagian bawah mengecil sehingga tetap membuat nyaman saat didekap pengendara. Pengendalian saat manuver rebah di tikungan terasa lebih mudah dan lincah karena paha dapat mengapit lebih erat tangki.
All New CBR150R juga ditambah revisi pada suspensi depan dengan mengaplikasikan suspensi upside down berdiameter 37 milimeter dibalur warna emas, membuat tampilan kakinya semakin kekar dan sporty. Redaman suspensi depan yang mengadopsi teknologi Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP), yang banyak digunakan moge sport, terasa pas dan stabil untuk kondisi jalan aspal sirkuit ataupun jalanan kota yang mulus.
Suspensi monosok belakang kini meniadakan fitur setingan preload lima tingkat. Suspensi bawaan dari pabrik di-setting pada preload ke-2 pada setelan suspensi CBR150R sebelumnya. Adapun performa rem ABS cukup mumpuni untuk meredam kecepatan guna menunjang manuver di tikungan.
Posisi klem segitiga atas underyoke dengan dudukan setang yang lebih tinggi membuat pengendara tidak terlalu merunduk. Setang yang diset agak tegak ini akan menunjang ergonomi pada pengendaraan jarak jauh. Saat di sirkuit, posisi masih nyaman dengan merunduk di balik windscreen yang kini lebih tinggi.
Aplikasi kopling
Dari sektor mesin, model terbaru ini masih ditopang oleh mesin 150 cc DOHC kode K56 berpendingin cairan yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 12,6 kW (17,1 PS) pada 9.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm diraih pada 7.000 rpm. Penambahan sektor mesin kini ditunjang fitur aplikasi kopling assist/ slipper clutch, pemetaan mesin baru dan perubahan struktur pada intakeairbox.
Fitur baru slipper clutch membuat deselerasi lebih mengalir lembut dan halus. Fitur ini diklaim mampu mereduksi inefisiensi deselerasi hingga 15 persen dengan mengurangi efek selip ban karena pengereman mesin saat mengurangi gigi secara ekstrem. Pengoperasian kopling juga terasa jauh lebih ringan.
Pengetesan di trek lurus sepanjang 300 meter mampu meraih kecepatan maksimum 104 kilometer per jam. Klaim kecepatan maksimal yang mencapai 127 km/jam dari produsen belum dapat diraih pada kondisi sirkuit mini ini.
Pada bagian intake, bentuk penampang saluran dan penutup saluran telah diubah untuk meningkatkan efisiensi asupan udara pada airbox. Pada sisi muffler, struktur internalnya telah diubah dari tiga ruang konvensional menjadi struktur dua ruang yang tidak hanya meningkatkan efisiensi muffler tetapi juga menghasilkan suara yang lebih beresonansi.
Secara umum, impresi pertama All New CBR150R memberikan citarasa hybrid semi touring. Meski kini tampilan lebih agresif, pengendaraan All New CBR150R masih nyaman untuk sehari-hari maupun di sirkuit. Penambahan bobot 2 kilogram tidak terlalu terasa signifikan mengorbankan performa motor. Kompensasi tampilan yang kian sporty masih cukup sebanding memberi nilai tambah dibanding CBR150R sebelumnya.
Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM, mengatakan bahwa generasi baru CBR150R menunjukkan komitmen besar perusahaan untuk tetap memberikan produk yang dicintai dan menjadi teman untuk meraih mimpi. Model terbaru ini disuguhkan bagi pecinta motor sport tanah air yang energik dalam aktivitasnya.
All New CBR150R dipasarkan dengan dua tipe, yakni Non-ABS dan ABS. Tipe Non-ABS ditawarkan dengan empat warna pilihan, yakni Matte Black, Dominator Matte Black, Victory Black Red, dan Honda Racing Red. Sedangkan tipe ABS mendapatkan warna Dominator Matte Black, Victory Black Red, Honda Racing Red, lalu ditambah dengan warna spesial MotoGP Edition.
AHM memasarkan All New CBR150R tipe Non-ABS warna Matte Black, Victory Black Red, dan Dominator Matte Black seharga Rp 35.900.000. Sedangkan pilihan warna Honda Racing Red dijual Rp 36.600.000.
Sementara tipe ABS warna Victory Black Red dan Dominator Matte Black dibanderol Rp 39.900.000. Lalu corak Honda Racing Red dijual Rp 40.600.000, serta MotoGP Edition dipasarkan Rp 40.800.000. Harga berstatus On The Road wilayah DKI Jakarta.